Kapolres Mimika Tegas Tidak Ijinkan Aksi Tolak DOB dan Otsus Jilid II Yang Akan di Gelar Oleh PRP

Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra.

Timika – Tabaos14 | Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra tegas tidak memberikan ijin terhadap aksi tolak Derah Otonomi Baru (DOB), Otsus Jilid II dan gelar referendum yang akan dilakukan oleh Petisi Rakyat Papua (PRP) di kantor DPRD Mimika hari ini, Kamis (14/7/2022).

AKBP I Gede Putra saat ditemui usai memimpin apel gelar pasukan pengamanan antisipasi aksi mengatakan, rencananya aksi dilaksanakan oleh PRP sejatinya tidak mengantongi ijin keramaian dari kepolisian setempat sehingga akan dibubarkan oleh pihak kepolisian.

“Kami dari kepolisian sudah menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan hari ini belum mengantongi ijin jadi kami imbau kepada seluruh elemen masyarakat yang ingin melaksanakan kegiatan di pagi ini untuk kembali ke kediaman masing-masing,”jelas Gede.

Menurut Kapolres stabilitas keamanan dan aktifitas masyarakat menjadi pertimbangan kepolisian setempat, sehingga aksi tersebut jika tetap dilaksanakan, maka akan mengganggu aktivitas masyarakat, dan berpotensi menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pertimbangan situasi dari kami, kami khawatirkan apabila dipaksakan akan menimbulkan hal yang kurang baik,” ungkapnya.

Apel gelar pasukan antisipasi aksi.

Gede mengungkapkan untuk personil yang disiagakan berjumlah 500 personil terdiri dari personil Polres Mimika, Brimob Batalyon B Pelopor dan personil Kodim 1710/ Mimika yang nantinya akan di ploting di sejumlah titik-titik.

Titik-titik yang menjadi konsentrasi massa, seperti lapangan Timika Indah, Bundaran SP-II, dan juga Kantor DPRD Mimika yang menjadi tujuan penyampaian aspirasi.Sementara itu, sisanya melaksanakan patroli mobile di titik-titik rawan.

“Kami akan ploting personil yang bersifat menetap di titik-titik rawan yang bersifat menetap dan ada yang mobile. Mudah-mudahan di pagi hari ini sampai sore untuk situasi di Mimika bisa tetap dalam kondisi kondusif,” ungkapnya.

Untuk di ketahui untuk seruan sksi tersebut tersebar beberapa selebaran seruan aksi melalui media sosial baik Whats app, Facebook dan lainnya. Dalam selebaran tersebut titik kumpul massa di Bundaran Timika Indah dan Bundaran Beskem SP II kemudian berjalan menuju Kantor DPRD Mimika.

 

Pos terkait