Kapolres Himbau Jika Terlanjur Tertipu Bisnis Online Segera Laporkan

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gede Era Adinata.

 

Bacaan Lainnya

TIMIKA – Tabaos14     I     Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gede Era Adinata mengatakan, jika ada masyarakat yang sudah terlanjur tertipu dalam membeli barang secara online, diharapkan dapat segera meloporkan kepada pihaknya untuk ditindak-lanjuti.

Kapolres menyampaikan itu kepada wartawan saat ditemui di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Jumat (17/01).

“Kalau sudah terlanjur ditipu, laporkan itu ke kita agar akan diselidiki. Kita akan bersama siber Polda Papua melaksanakan penyelidikan terkait dengan kasus seperti itu. Kadang-kadang, mereka melakukan penipuan dari Rp5 – 10 juta dan rata rata pelaku ini ada diluar Papua. Penyelidikan itu tentu membutuhkan biaya besar, tapi itu tetap menjadi tanggung-jawab kepolisian. Walaupun kerugiannya kecil dan itu meresahkan masyarakat maka kami akan melakukan penyelidikan lebih mendalam,” ungkap Kapolres Era Adhinata.

AKBP Era Adhinata mengingkatkan, masyarakat agar jika melakukan pembelanjaan online agar melakukan pengecekan secara baik dan dapat memastikan bahwa situs online jual beli barang itu adalah situs yang terpercaya.

“Kadang-kadang banyak akun-akun palsu dan sekarang teknologi sudah semakin maju, bisa membuat orang itu percaya bahwa hal itu benar,” kata Kapolres Era Adhinata.

Untuk diketahui bersama, kasus penipuan online di Mimika akhir-akhir ini marak terjadi. Menurut catatan kepolisian, diawal tahun 2020 saja ada 10 kasus penipuan online yang dilaporkan masyarakat Mimika kepada pihak kepolisian Polres Mimika. (**/Samone)

Pos terkait