Kapolda Papua Sebut Veronika Koman Penghasut

Kapolda Papua, Irjen Pol. Paulus Waterpauw

 

TIMIKA – Tabaos14    I     Kapolda Papua, Irjen Pol. Paulus Waterpauw mengatakan, Veronika Koman masuk dalam kategori penghasut yang ikut menggerakkan, menghasut dan memprovokasi massa sehingga menyebabkan terjadinya beberapa pergolakan berdarah di Tanah Papua.

Kapolda Waterpauw menegaskan kepada Pers di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Kamis (20/02) bahwa, para pelaku-pelaku yang disebutkan oleh Veronika Koman sebagai tahan politik, adalah tidak benar.

Karena orang-orang yang ditangkap dan ditahan Kepolisian saat ini adalah mereka yang ikut terlibat menggerakkan dan menghasut kolompok massa untuk melakukan tindakan-tindakan kriminal yang berdampak pada kerusuhan berdarah di beberapa tempat di Tanah Papua.

“Kenapa saya jawab, saudari Veronika Koman bahwa mereka yang ditahan bukanlah tahanan politik karena mereka itu adalah pihak-pihak yang nyata-nyata memanfaatkan ruang awal itu sampai konflik berdarah di Jayapura kota, Timika, Wamena dan Deiyai. Dan kita punya alat untuk mendeteksi itu, ” kata Waterpauw.

Waterpauw menegaskan, pihak Kepolisian Polda Papua akan menindak tegas setiap orang yang mencoba menghasut dan membenturkan kelompok masyarakat di Tanah Papua.

“Ingin memprovokasi, ingin membenturkan antar kelompok, kita akan melakukan penegakan hukum. Mereka yang melakukan upaya-upaya menghasut. Penghasutan itu unsur pasalnya masuk di dalam KUHAP. Itu bukan mau-maunya kita. Tapi itu unsurnya,” tegas Waterpauw (**/samone)

Pos terkait