Kapolda Papua Sebut Pelaku Pembakaran Bandara Aminggaru Adalah KKTB Papua Yang Eksis Tebar Teror

  • Whatsapp

Jayapura – Tabaos14| Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri menyebutkan pelaku pembakaran bandara Aminggaru Distrik Ilaga Kabupaten Puncak Papua berhasil teridentifikasi. Pelaku tersebut merupakan Kelompok Kriminal Teroris Bersenjata (KKTB) yang eksis tebar terror.

“Teridentifikasi, ternyata dari kelompok yang tengah eksis tebar teror,” kata Fakhiri melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (5/4).

Bacaan Lainnya

Menurutnya KKTB Papua di Distrik IIaga kian beringas dimana mereka telah membunuh seorang tukang bangunan, keluarga kepala desa dan membakar fasilitas Bandara Aminggaru di Distrik Ilaga serta membakar sejumlah fasilitas di bandara.

Kapolda Papua, mengatakan bahwa sebelumnya telah terjadi pembakaran fasilitas Bandara Aminggaru oleh KKTB, satu tower bandara, ruang tunggu bandara, tiga perumahan perhubungan udara dan satu rumah warga hangus dibakar KKB.

“Saat kejadian, aparat keamanan yang berada di Kota Ilaga melihat kepulan asap tebal dari arah Bandara Aminggaru,”katanya.

Selanjutnya, kata Fakhiri dilakukan pemantauan menggunakan drone dan didapati beberapa fasilitas bandara dalam keadaan terbakar. Kemudian aparat keamanan gabungan yang dipimpin Kapolres Puncak, langsung menuju ke lokasi kejadian.

“Sempat terjadi kontak tembak antara personel gabungan dengan KKB sebelum tiba di bandara. Kontak senjata terjadi sekitar satu jam, aparat keamanan memilih mundur karena situasi mulai gelap,” ujarnya.

Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait