Kapal Nelayan Mati Mesin dan Hilang Kontak Diperairan Timika

Tim SAR gabungan bergerak menuju lokasi kapal terakhir untuk melakukan pencarian.

Timika – Tabaos14 | Kapal nelayan KMN Norbaya, Gt 05, warna putih hijau dengan penumpang 4 orang dilaporkan mati mesin dan hilang kontak di perairan Mimika, Kamis (21/7/2022).

Kepala kantor pencarian dan pertolongan Timika George L M Randang, SIP MAP melalui Kasubsie Operasi SAR Timika Charles Y Batlajery mengatakan, pihaknya Menerima laporan dari Bapak Ardianto (pemilik kapal), Sabtu (23/7/2022).

Dari keterangan pemilik kapal tersebut pada hari Rabu 20 Juli 2022 pukul 14.00 WIT ada 2 buah kapal nelayan berangkat dari pelabuhan perikanan tujuan perairan pasir hitam untuk menjaring ikan, namun disaat telah selesai menjaring ikan pada Kamis 21 Juli 2022 pukul 05.00 WIT salah satu kapal nelayan tersebut mengalami masalah mesin dan hanyut terbawa arus.

Kemudian pada pukul 14.00 WIT salah satu kru kapal yang mengalami masalah mesin tersebut melakukan komunikasi dengan pemilik kapal dan melaporkan posisi terakhir berada di 2 Nm dari posisi kapal tambang, namun disaat pemilik kapal berusaha menuju ke lokasi kejadian terjadi cuaca buruk dan komunikasi dengan kru kapal tersebut telah terputus.

“Mendapati kejadian tersebut pemilik kapal langsung melaporkan ke petugas jaga SAR Timika pada hari jumat 22 Juli 2022 Pukul 20.45 Wit namun karena perlu pendalaman informasi dan data belum lengkap, kemudian pada hari ini Pukul 05.30 WIT 23 kami baru mendapatkan laporan kepastian akan kebenaran kapal hilang,”kata Charles.

Charles menambahkan pihaknya langsung berkoordinasi dengan unsur SAR terkait, pada pukul 05.50 WIT tadi langsung memberangkatkan tim SAR gabungan ke Dermaga SAR Timika.

“Dengan menggunakan RB (Rescue Boat) 217 Timika tim SAR gabungan bergerak menuju lokasi terakhir kapal tersebut diketahui untuk melakukan pencarian. Hingga berita ini diturunkan tim sar gabungan masih melakukan pencarian,”ujarnya.

Pos terkait