Kamtibmas Kabupaten Intan Jaya, Ini Kata Kapolda Papua

Kapolda Papua, Irjen. Pol. Drs. Paulus Waterpauw saat berada di Mapolres Timika.

 

Bacaan Lainnya

TIMIKA – Tabaos14    I   Kapolda Papua, Irjen Pol  Drs Paulus Waterpauw kepada wartawan di Mapolres Mimika, Senin (23/12) mengatakan, situasi kamtibmas di Kabupaten Intan Jaya berangsur kondusif pasca terjadinya kontak tembak antara aparat gabungan TNI-Polri bersama Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) beberapa waktu yang lalu.

“Intan Jaya sudah dalam keadaan aman dan kondusif,” kata Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw.

Waterpauw menjelaskan, kejadian di Kabupaten Intan Jaya bermula dari KKB yang melintas di wilayah tersebut dan membuat kericuhan. Akibatnya, membuat masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut menjadi resah sehingga mengungsi ke Intan Jaya.

“Mereka mengganggu kehidupan saudara-saudara kita disana,” kata Waterpauw.

Ditambahkan Irjen Paulus Waterpauw, berbagai aksi kekerasan telah dilakukan oleh KKB yang meresahkan masyarakat seperti melakukan pemerasan terhadap masyarakat disana.

Kapolda menegaskan, pihaknya tidak akan tinggal diam dengan aksi-aksi yang meresahkan warga yang dilakukan oleh KKB. Apalagi dalam melakukan aksi tersebut menggunakan senjata api.

“Yang diberikan mandat dan kewenangan untuk memegang dan menggunakan senjata api adalah kami, aparat TNI-Polri dan beberapa instansi tertentu yang punya kewenangan. Selain itu tidak, ” kata Waterpauw.

Kata Kapolda Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw, ” jika ada warga sipil yang memiliki senjata api, apalagi digunakan untuk melakukan tindakan kejahatan dan mengancam masyarakat maka pihaknya akan mengambil langka hukum secara tegas.”

“Setiap yang melakukan perbuatan melawan hukum menggunakan senjata api itu kami hadapi,” kata Waterpauw. (**/Samone)

Pos terkait