Kampung Nawaripi Salurkan BLT DD Kepada 151 KK Sebesar 135 900 000

Penyerahan BLT DD secara simbolis.

Timika – Tabaos14 | Kampung Nawaripi Distrik Wania Kabupaten Mimika salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap pertama terhitung Januari – Maret kepada total 151 Kepala Keluarga (KK) sebesar Rp 135 900 000.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Kepala Kampung Nawaripi Norman Ditubun kepada perwakilan dari 18 RT disaksikan oleh Kadistrik Wania Richard Wakum, Pendamping DD Mimika dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) dan Babinkamtibmas serta Bamuskam di Balai Latihan Kerja (BLK) Nawaripi, Jumat (24/6/2022).

Kepala Kampung Nawaripi, Norman Ditubun dalam sambutannya menjelaskan, setiap KK menerima Rp.900 ribu untuk tiga bulan. Artinya, perbulan setiap KK menerima Rp. 300 ribu perbulan. Penyaluran BLT dilakukan seperti tahun sebelumnya, dimana diserahkan kepada ketua-ketua RT.

“Jadi RT yang serahkan kepada warga yang berhak menerima. Sama seperti tahun kemarin,”jelasnya.

Norman berpesan menggunakan uang secara baik sebab pembagian BLT tahun ini sangat ketat sehingga bukti dokumentasi penerima harus disertakan.

“Jadi ketua RT saat serahkan dana langsung foto warganya sesuai nama yang menerima. Kalau bapa punya nama maka yang tanda tangan dan terima bapa juga jangan yang lain. Karena nanti ada BPK turun periksa ke rumah-rumah. Makanya harus kerja baik-baik karena ini uang negara,”pesannya.

Sementara Kepala Distrik Wania Richard Wakum dalam arahannya mengatakan, adanya dokumentasi penerima manfaat. Karena ini ada 151 penerima maka bukti dokumentasi juga harus ada 151 foto.

“Kalau tidak mau BPK yang datang ke bapak ibu sebaiknya penyalurannya dilakukan dengan baik dan tepat sasaran,”tegasnya.

Richard juga menekankan agar agar nama kepala keluarganya yang terdaftar sebagai penerima tidak berubah. Ia sangat mengharapkan dukungan dari ketua-ketua RT, karena semua adalah perpanjangan tangan dari pemerintah.

“Jadi jangan sampai membuat soal yang melebihi batas yang akhirnya membuat kita sendiri susah. Setelah penyerahan dana BLT saya harap digunakan sebaik mungkin. Kalau bapa yang terima harap kasih ke istri agar istri buat asap dapur mengepul tebal. Jangan sampai berbelok kanan kiri yang digunakan tidak jelas,” tegasnya.

Selanjutnya Lenny Staf Pendamping dari DPMK bidang Pemerintahan Kampung mengatakan dasar penyaluran BLT sesuai dengan Peraturan Menteri keuangan Nomor 190 tahun 2021 minimal 40 persen dari DD. Pemerintah Pusat memberikan dana  beserta dengan aturannya yaitu yang berhak menerima adalah kepala keluarga.

“Dan bagi yang sudah menerima bantuan lain tentunya tidak berhak menerima termasuk yang mempunyai pekerjaan tetap seperti ASN, karyawan, termasuk aparat kampung dan Bamuskam. Karena mereka telah menerima gaji atau tunjangan. Kami berharap dapat dimanfaatkan secara baik dana ini untuk mencukupi atau memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam keluarga masing-masing,”ujarnya.

Pos terkait