Kadinkes Mimika: Covid 19 di Mimika Masih Ada, Tapi Bisa Ditangani

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra.

Timika – Tabaos14 | Kepala Dinas Kabupaten Mimika, Reynold Ubra menyebutkan bahwa sampai saat ini Covid 19 di Mimika masih ada, tetapi bisa ditangani dan dikendalikan.

“Kasus Covid 19 masih ada. Kemarin hari Sabtu itu ada sisa 4 pasien. Rata-rata akhir-akhir ini pasien isolasi itu 4, 5, 1, 2, tapi kalau secara keseluruhan dilihat sebenarnya masih bisa dikendalikan,”kata Reynold di halaman Kantor Pusat Pemerintahan SP3, Senin (11/7/2022).

Sementara untuk cakupan vaksinasi Reynold mengakui sempat ada kendala akibat kehabisan stok, dalam hal ini dosis ketiga yakni booster.

“Untuk vaksinasi booster tetap jalan. Hanya saja dua minggu lalu kami kan kehabisan stok, jadi hampir seminggu itu pelayannya enggak maksimal. Bersyukurnya hari Selasa di Minggu lalu itu sudah tiba. Ada Moderna, Astrazeneca, sama Pfizer,” ungkapnya.

“Ketika saya lihat di beberapa pos vaksinasi di rumah sakit TNI bantuan kemudian di Klinik Polres itu masyarakat banyak yang sudah bisa mengakses. Cukup banyak antusias masyarakat. Terima kasih sekali buat teman-teman dari unsur TNI dan Polri,” imbuhnya.

Di samping itu, terkait vaksin anak, Reynold mengatakan tetap dilayani. Hanya saja untuk booster belum diperbolehkan.

“Kan booster belum ada kebijakan untuk anak-anak. Baru vaksin dosis satu, dosis dua sampai batas 17 tahun. Untuk 18 tahun itu baru booster,” jelasnya.

Reynold juga menyampaikan cakupan vaksinasi anak di Mimika sejauh ini belum mencapai target.

“Cakupan kita belum mencapai target. Cakupan untuk anak-anak baru sekitar 28 persen. Mudah-mudahan bisa naik. Ini butuh edukasi dan proses yang panjang,” terangnya.

“Apalagi anak-anak sekarang kan lagi bulan imunisasi anak nasional nih itu sampai Agustus. Nah Agustus itu Kejar, kita coba laksanakan sekalian untuk meales mumps rubella, untuk imunisasi dasar lengkap, ditambah dengan pelayanan vaksin untuk Covid 19,” pungkasnya.

Pos terkait