Jelang PON Dan Pesparawi, Masyarakat Mimika Diminta Jaga Kebersihan Lingkungan

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Dalam rangka menindaklanjuti instruksi Bupati Mimika Nomor 6 Tahun 2021, tentang Kebersihan Lingkungan Di Kabupaten Mimika, ditujukan kepada seluruh masyarakat Mimika, Dinas Satuan polisi Pamong Praja (Satpol PP) minta agar masyarakat Mimika menjaga kebersihan lingkungan.

Hal tersebut disampaikan dalam rangka menyambut pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) XIII dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Kabupaten Mimika.

Bacaan Lainnya

Dalam Instruksi Bupati Mimika Nomor 6 Tahun 2021, tentang Kebersihan Lingkungan Di Kabupaten Mimika, ditujukan kepada seluruh masyarakat Mimika, ada 5 poin dalam instruksi tersebut.

Pertama, menata, membersihkan dan memperindah rumah dan lingkungan masing – masing.

Kedua, bagi masyarakat yang tinggal di depan jalan utama dan lorong – lorong agar selain membersihkan rumah dan lingkungannya juga bertanggungjawab atas kebersihan jalan utama dan lorong.

Ketiga, Kepala Dinas Lingkungan Hidup agar bekerjasama dengan Para Kepala Distrik, Kepala Kampung, Lurah dan Ketua RT untuk mengontrol warga masyarakat dalam menjaga kebersihan rumah dan lingkungan.

Keempat, Pelaksanaan Instruksi m1 sepenuhnya menjadi tanggungjawab Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mimika. Kelima, Instruksi ini mulai berlaku pada Tanggal dikeluarkan.

Kepala SatpolPP Mimika, Paulus Dumais melalui telepon selulernya mengatakan, kebersihan lingkungan menjadi tanggungjawab semua elemen masyarakat

“Kita sudah duduk bersama membahas kebersihan lingkungan, tentunya ini akan melibatkan semua pihak dan berharap ada kerjasama dengan antara masyarakat, ” kata Paulus saat di hubungi lewat telephon, Selasa (13/4/2021).

Menurut Paulus pihaknya, satpol PP bersama pihak distrik, kelurahan serta RT akan menjaga di setiap tempat pembuangan sampah (TPS) agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan dan membuang sampah disiang hari.

Paulus mengatakan akan kembali melakukan sosialisasi terhadap Peraturan Daerah Kabupaten Mimika Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah, dimana sampah yang berasal dari kegiatan rumah, tangga, toko, warung, rumah makan, restoran, penginapan, hotel, kantor, tempat ibadah, fasilitas umum dan tempat lain yang sejenisnya.

Sebelum di buang ke TPS terlebih dahulu harus di kemas dan dipilah dengan rapi dan dibuang dari jam 18.00 – 06. 00 WIT untuk selanjutnya diangkut oleh dinas atau petugas lainnya yang di tunjuk ke TPA.

“Kita akan sosialisasi terlebih dahulu, dan masyarakat yang tidak mengindahkan hal itu kita akan kenakan sanskiw sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait