Jelang HUT RI ke 77, Kesbangpol Imbau Masyarakat Mimika Tetap Kondusif

Kepala Kesbangpol Mimika, Yan Selamat Purba.

Timika – Tabaos14 | Menyonsong HUT ke-77 Republik Indonesia, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mimika mengajak seluruh masyarakat di Mimika untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban agar pelaksanaan setiap acara yang direncanakan dapat berjalan secara kondusif.

“Terkait 17 Agustus, kita dari kesbangpol berharap semua komponen masyarakat, baik itu paguyuban, masyarakat, mari kita sama-sama jaga keamanan dan ketertiban,” ujar Kepala Kesbangpol Mimika, Yan Selamat Purba saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (25/7/2022).

Hal ini ia sampaikan karena menurutnya untuk memeriahkan HUT RI dibutuhkan suasana dan situasi yang kondusif.

“Jadi mari kita jaga kota Timika ini agar tetap kondusif. Kita bisa memulainya dari hal-hal yang kecil dari rumah tanggal, lingkungan, terus dari sekolah, pasar, dan organisasi-organisasi yang ada,” tuturnya.

Dia juga berharap adanya sinergitas antara masyarakat Kabupaten Mimika dengan pihak-pihak keamanan TNI/Polri untuk saling mendukung menjaga situasi di kabupaten Mimika.

Sejauh ini Yan menilai bahwa Mimika sudah sangat kondusif meskipun sesekali ada kesalahpahaman namun itu masih bisa teratasi dengan baik.

“Pasca penetapan DPR RI terkait dengan Papua Tengah, kita terus melihat bahwa Timika kondusif. Kita ubah paradigma. Kalau tempat lain sudah ribut. Sementara Timika ini selama pasca ditetapkan ya Timika adem terus. Ini berkat kerja sama kita semua,” katanya.

“Ada yang mau riak tapi setelah mengerti aman kembali. Kita berharap agar sekolah aman, pasar aman, penerbangan aman, orang ke sana ke mari juga aman. Maka Timika jadi kota yang aman damai. Kita berharap demikian,” imbuhnya.

Di samping itu, Yan juga mengimbau agar seluruh masyarakat di mana pun dapat ikut serta dalam memeriahkan HUT RI.

“Ini kan bukan HUT Pemda Mimika, ini HUT Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jadi, semua yang ada di NKRI wajib untuk memeriahkan, menghargai, dan ikut melaksanakan upacara 17 Agustus,” jelasnya.

“Nanti kita menghimbau juga di semua instansi, sekolah, dan di semua vertikal baik itu BUMN harus mengibarkan bendera karena ini ulang tahun kita bersama,” pungkasnya.

Pos terkait