Jelang HUT Bhayangkara ke 74, Ratusan Warga Urus Adminduk Di Mapolres Mimika

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14  |  Ratusan warga yang berdomisili di wilayah Distrik Kuala Kencana Mile 32 mendatangi Mapolres Mimika Jalan Agimuga Mile 32, Sabtu (27/6). Para warga datang mengurus administrasi induk yang digelar oleh Polres Mimika bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Mimika.

Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata mengatakan, dalam rangka hut Bhayangkara ke – 74 Polres Mimika bekerja sama dengan Disdukcapil Kabupaten Mimika melayani penertiban Kartu keluarga, KTP akte kelahiran dan Kartu Identas Anak (KIA).Dengan motto “ Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif ”.

Muat Lebih

“ Jadi kita namakan Jempol Adminduk,yaitu jemput bola melayani administrasi kependudukan,” kata Kapolres ketika ditemui di Mapolres Mile 32, Sabtu (27/6).

Kapolres mengatakan, Jempol Adminduk ini melakukan bentuk layanan publik berupa, Perekaman e-KTP, Percetakan e-KTP, Kartu Keluarga (KK), Kartu identitas anak (kia), Akta kelahiran & kematian dan Surat pindah penduduk.

“ Waktu pelaksanaan jam 08.00 – 13.00 Wit. Dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan,” katanya.

Menurut Kapolres, untuk masalah KTP bisa sangat signifikan yang mana jika hendak melakukan pengurusan surat-surat hal ini bisa menghindari terjadinya konflik konflik di Kab. Mimika. Banyak juga masyarakat yang tidak terdata secara benar yang mana dalam jangka panjang kedepan dalam menuju Adaptasi Hidup Baru ini tentunya akan banyak penggunaan sistem berbasis online dalam pelayanan masyarakat baik dalam Pemerintahan dan perekonomian yang mana diperlukan E-KTP.

“ Dihararpkan bukan hari ini saja namun untuk kedepan kiranya semua masyarakat bisa memiliki E – KTP. Kemarin juga kami telah melakukan kegiatan Bakti Sosial yang mana diharapkan ke depan situasi Keamanan di Kab. Mimika tetap terus kondusif dan masyarakat bisa produktif,” katanya.

Ditempat yang sama, Kepala Dukcapil Kab. Mimika Slamet Sutejo berharap dengan adanya pelayanan ini bisa sangat membantu personil Polri dalam kepengurusan berkas-berkas yang mana personil Polri sering melakukan tugas tugas di luar daerah sehingga tidak ada waktu untuk mengurus berkas berkas.

“ Kegiatan ini merupakan suatu program pemerintahan yaitu Jempol Administrasi yang mana kami mencoba membuka pelayanan di Polres Mimika terlebih dahulu apakah kegiatan ini bisa berjalan lancar dan tertib, jika semua berjalan lancar maka akan turun di masyarakat dengan membuka loket-loket pelayanan di setiap Distrik atau Kelurahan,” katanya.

Reporter : Ifona Akoha
Editor : Tahir