Ipmami Jabodetabek Harap Pemda Perpanjang Kontrakan Sudah Jatuh Tempo

  • Whatsapp

Salah satu kontrakkan Ipmami Jabodetabek di Grogol Jakarta Barat.(foto:istimewa)

TIMIKA – Tabaos14    I    Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Mimika (Ipmami) Se-Jabodetabek meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika agar memperpanjang masa kontrakan di Tomang Rawa, Kepa 9 No. 66 Grogol Jakarta Barat yang akan berakhir tanggal 4 April 2020.

Bacaan Lainnya

Ketua Ipmami Sejabodetabek, Melinus Magal mengatakan, persoalan yang saat ini dihadapi mahasiswa asal Mimika di kota studi Jakarta, terkait masa kontrakan mereka yang tinggal tersisa sebulan lagi.

“Jadi, masalah yang kami hadapi di ibukota ini tentang kontrakan kami yang berakhir bulan April,” kata Melinus Mahal via selulernya, Sabtu (07/03).

Ia menjelaskan jumlah pelajar dan mahasiswa yang saat ini menempuh pendidikan di Jakarta berjumlah kurang lebih 200 orang, yang dibiayai beasiswa LPMAK (YPMAK saat inired) dan Pemkab Mimika serta biaya sendiri. Inilah yang menjadi kekuatiran, apabila tempat tinggal mereka tidak diperpanjang.

Sejauh ini, terdapat lima (5) kontrakan yang dikontrak sebagai tempat tinggal pelajar dan mahasiswa, dan oleh 50 orang mahasiswa.

“Jumlah kami yang ada di kota studi Jakarta ini sekitar 200 orang, apabila masa kontrakan kami habis, terus Pemda tidak perhatikan. Kami tentu akan kewalahan,” jelasnya.

Mewakili mahasiswa Ipmami Se-Jabodetabek, dirinya meminta Pemkab Mimika agar segera memperpanjang kontrakan mereka. Sehingga tidak mengganggu aktivitas perkuliahan mereka.

“Jadi permintaan saya, tolong dieksekusi secepatnya, biar kontrakan sebelum tanggal yang ditentukan dari pemilik kontrakkan,” ungkapnya.

Dia berharap pemerintah berkenan mengakomodir wacana yang sedang  berkembang diantara Ipmami se-Jabodetabek, yakni terkait perlunya dibangun asrama bagi mahasiswa di Kota Studi Jakarta.

“Bila perlu disediakan asrama permanen untuk mahasiswa di ibukota Jakarta, ” harapnya.

Sementara Wakil Ketua I DPRD Mimika, Aleks Tsenawatme mengatakan, tempat tinggal merupakan suatu sarana penunjang bagi mahasiswa yang saat ini sedang menempuh pendidikan di luar Timika.

“Kami dewan siap dukung adik-adik ini, karena mereka sudah kembali ke kota studi dan sudah aktif kuliah. Bahkan registrasi kampus mereka bayar sendiri,” kata Aleks melalui selulet.

Usai melaksanakan kegiatan Bimtek di Jakarta, DPRD akan kembali ke Timika dan mengundang Kabag SDM untuk hal itu.

“Jadi, nanti kami akan bertemu dengan kabag SDM untuk pertanyakan penyebabnya,” ungkapnya.

Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag SDM) Setda Kabupaten Mimika, Hengki Amisim ketika dihubungi mengatakan, terkait masa kontrakan untuk tempat tinggal mahasiswa Mimika akan dievaluasi Pemkab Mimika.

“Pemda akan evaluasi untuk pengadaan kontrakan bagi mahasiswa di setiap kota study karena ada positif dan negatifnya,” kata Hengki melalui pesan whatsapp, Minggu (8/3). (Mrc)

  • Whatsapp

Pos terkait