Ikut Edaran Kemenkes DinKes Mimika Perpanjang Vaksinasi Dosis Kedua Dari 14 Menjadi 28 Hari

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika terus memenuhi target melakukan vaksin bagi pelayan publik. Hal ini dilakukan agar penerima vaksin covid 19 dapat menerima dosis kedua setelah melalui 14 hari menerima dosis pertama.

Kordinator Advokasi Komunikasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Lenni Silas SKM mengatakan, Pemerintah Pusat melalui Kementrian Kesehatan mengeluarkan aturan baru terkait interfal penerima vaksin dosis pertama dengan memperpanjang waktu selama 14 hari.

Bacaan Lainnya

“Terkait vaksin covid 19, Kemenkes mengeluarkan surat edaran vaksinasi dosis kedua diperpanjang dari 14 hari menjadi 28 hari,” kata Lenny yang ditemui disela sela kegiatan vaksin kepada pelayan publik dan pelaku ekonomi di hotel Horyzon Diana, Sabtu (27/3).

Namun kata Lenny, pihak Dinkes Mimika sepakat agar aturan baru tersebut diberlakukan pada Senin (29/3) ini. Sehingga bagi masyarakat yang telah menerima dosis pertama tetap mengacu pada aturan sebelumnya yakni 14 hari.

“Aturan terbaru bahwa interval dari dosis pertama dengan dosis kedua yaitu 28 hari tetapi karena kita menyepakati Jadi yang kita layani hari ini masih berlaku 14 hari,” katanya.

Terkait perubahan aturan baru tersebut, Lenny mengaku belum mengetahui secara detail alasan kemenkes dengan perpanjangan itu. Namun menurutnya kebijakan itu diambil pemerintah ingin melihat perkembangan setelah diberikan dosis pertama.

“Setiap saat vaksin ini kan masih ada uji coba uji coba ya Jadi kemungkinan perpanjangan 18 hari itu memang kekebalan baru terbentuk, setelah itu dosis kedua diberikan,” ujarnya.

Reporter/Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait