Ikan Paus Jenis Bryde Mati di Muara Kokonao

Kapolsek Kokonao, Ipda Wasia (Baju Kaos Biru-red) saat bersama warga menyaksikan kondisi Ikan Paus jenis Bryde mati yang ditemukan warga di Muara Kokonao, Senin (18/02) 

TIMIKA – Tabaos14   I    Ikan paus berjenis Bryde, Senin (18/02) pagi, ditemukan warga telah mati dan membusuk di muara sungai Dotapo, Distrik Mimika Barat, Kokonao.

Sayangnya, ikan Paus yg ditemukan warga ini mati dengan kondisi tidak memilik ekor alias telah di potong oleh orang tak dikenal.

Kejadian matinya ikan paus ini juga, dibenarkan Kapolsek Distrik Mimika Barat Kokonao, Ipda Wasia.

Menurut Kapolsek, ikan Paus ini diduga hanyut dan terdampar di sungai muara Kokonao pada malam minggu, saat air pasang dan ikan Paus tersebut diduga mati akibat terlilit jaring para nelayan kapal. Ikan Paus tersebut juga telah kehilangan ekornya, diduga telah dipotong.

“Kami temukan ada bekas potongan jaring di tubuh ikan Paus itu dan ekornya juga telah dipotong. Mungkin karena ekornya di potong makanya tidak bisa berenang dan mati, ” jelas Kapolsek saat dikonfirmasi via selulernya.

Kapolsek Wasia menambahkan, pihaknya mengetahui adanya ikan Paus mati ini juga atas informasi warga setempat. Selanjutnya, untuk tidak menimbulkan pencemaran lingkungan, ikan Paus tersebut rencananya akan diseret keluar dari muara Kokonao pada malam nanti.

“Kami mengetahui itu atas laporan warga dan kami langsung mengeceknya ke lokasi. Rencananya, malam ini pukul 23.00 WIT, kami akan seret keluar ikan tersebut pada saat air pasang, ” ungkap Kapolsek Kokonao, Ipda Wasia.(tmk)

Pos terkait