Helly Milik PT Freeport Ditembak Saat Melakukan Survey Di Kampung Tsinga

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Heli milik PT FI saat melakukan survey GPS di area Benangin dekat kampung Tsinga distrik tembagapura kab Mimika di tembaki oleh Orang Tak Dikenal (OTK) Rabu (06/01/12) sekitar pkl 10.01 WIT. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu namun body pesawat bocor akibat terkena peluru.

Dari data kronologis yang diterima, sekitar pukul 07.03 WIT Heli PT. Sayap Garuda Indah, Eagle 407 HP/PK-ZGM take off dari Bandara Baru Mozes Kilangin Timika dengan penumpang Stuward (Pilot)
Dave Jhon Aviation Manager (penumpang), Ardy Lotmaster (penumpang) melaksanakan survey GPS di area Benangin dekat Kampung Tsinga.

Bacaan Lainnya

Pada Pukul 08.40 WIT pada saat melakukan pengambilan foto udara tepat di daerah benangin pilot merasa mencium bau fuell sehingga pilot mendarat di hellyped Benangin dan melihat ada lobang di body pesawat selanjutnya pilot kembali ke heliped 66 tembagapura

Pukul 08.53 Wit, Helicopter PK – ZGM tiba di landasan heliped 66 selanjut pilot melakukan pengecekan dan mendapati ada lubang kecil pada bagian bawah helicopter selanjutnya melaporkan kepada pihak security PT.FI guna dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Setelah mendapat informasi tersebut sat reskrim polres mimika dan polsek tembagapura melakukan olah TKP dan pemeriksaan saksi-saksi guna mengungkap pelaku penembakan terhadap helly tersebut.

Dari hasil olah TKP yang dilakukan kepolisian Heli PT. SGI (Sayap Garuda Indah) Bell 407 HP/PK-ZGM terkena tembakan pada body helly sebelah kiri tepatnya di bawah pintu penumpang sebelah kiri, terdapat kebocoran bahan bakar pada bagian bawah helly. Diduga Helly ditembak pada saat terbang di ketinggian 1.500 kaki

Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata menyampaikan bahwa sampai sekarang masih dilakukan penyelidikan untuk mengetahui siapa pelaku penembakan dengan bekerjasama dengan satuan tugas TNI Polri yang ada di Kab Mimika.

“Masih kita lakukan penyelidikan, namun dugaan kuat dilakukan oleh KKB Kalikopi,” kata Kapolres melalui releasenya yang diterima, Rabu (06/1/12).

Untuk diketahui wilayah Benangin sendiri dari hasil penyelidikan adalah merupakan jalur perlintasan KKB kalikopi dari markas KKB Kalikopi menuju Kampung Tsinga untuk mendapatkan Bama.

Reporter/Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait