Hati-hati dan Waspadai ‘Begal’ Saat Berkendaraan

Kanit Reskrim Polsek Mimika Baru, Ipda Andi Suhidin.

 

Bacaan Lainnya

TIMIKA – Tabaos14    I     Aksi ‘begal‘ yang kembali marak di Kota Timika dan sudah menimbulkan korban, mendesak semua masyarakat untuk senantiasa waspada dan berhati-hati dalam berkendaraan. Polres Mimika melalui Polres Mimika Baru pun berharap agar masyarakat selalu berhati hati dalam mengendarai sepeda motor.

Kanit Reskrim Polsek Mimika Baru, Ipda Andi Suhidin kepada wartawan di Kantor Polsek Mimika Baru, Senin (20/1) menghimbau, agar seluruh masyarakat terutama ibu-ibu dan anak remaja, khususnya wanita agar selalu waspada dalam berkendaraan.

“Sasaran dari jambret dan begal inikan ibu ibu, cewek cewek yang dia anggap lemah. Artinya tidak ada kemungkinan untuk melakukan perlawanan balik. Paling rawan adalah anak sekolah cewek yang masih takut-takut,” kata Andi.

Dijelaskannya, lokasi yang menjadi terget para begal dan jambert ini adalah lokasi yang sepih dan juga gelap karena di lokasi tersebut, kemungkinan untuk si begal ditangkap dan diburu oleh masyarakat umum itu, sangat kecil.

“Jadi sangat diharapkan, warga juga menghindari tempat-tempat yang menjadi sasaran para begal dan jambret. Selain itu, warga jugaa diminta untuk tidak membawa barang-barang berharga yang bisa memancing seperti main HP pada saat berkendaraan atau memperlihatkan barang-barang berharga pada saat berkendaraan,” kata Ipda Andi.

Dirinya juga meminta masyarakat, jika mengalami pembegalan ataupun dijambret, sangat diharapkan untuk segera melaporkan hal tersebut kepada pihak kepolisian agar pihak kepolisian segera menindak-lanjuti.

Dikatakannya, di awal tahun 2020 ini sendiri, sudah ada empat kasus begal yang dilaporkan oleh masyarakat kepada pihak kepolisian Polsek Miru.(**/samone)

Pos terkait