Hasil Evaluasi Ternyata Ini Penyebab Smart City Di Mimika Tidak Berjalan Maksimal

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mengakui dalam penerapan smart city di Kabupaten Mimika karena kurangnya terintegrasi pelayanan antar semua sector OPD dan kurangnya inovasi- inovasi yang dapat ditunjukan oleh setiap OPD untuk mendukung smart city.

“Smart city mengharuskan kita untuk melakukan pelayanan sebaik- baiknya kepada masyarakat dan tidak membebani masyarakat dengan memprogramkan kegiatan- kegiatan yang penuh inovasi disesuaikan dengan perkembangan saat ini,” kata Wabup usai melakukan video confrence bersama Kementrian Kominfo terkait evaluasu smart city di Mimika Comand Centere di kantor pusat pemerintahan, Rabu (3/6/2021).

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob mengungkapkan bahwa, Kabupaten Mimika merupakan salah satu dari 100 Kabupaten/ Kota yang masuk dalam program smart city sejak tahun 2016 lalu. Untuk menuju smart city masih banyak hal yang harus dilakukan, namun Pemerintah Kabupaten Mimika akan terus melakukan evaluasi.

Tetapi ada beberapa hal yang telah dipersembahkan beberapa OPD yang mendukung Mimika menuju Smart City, salah satunya dimana saat ini masyarakat lebih mudah dan cepat mengurus administrasi penduduk (Adminduk).

“Masyarakat yang ada di pedalaman saat ini juga tidak lagi jauh- jauh ke kota untuk mengurus adminduk, karena dinas teknis (Disdukcapil) langsung melakukan pelayanan jemput bola (Jempol) ke setiap Distrik dan masyarakat yang ada di kota juga bisa mengaksesnya atau mengurus adminduk secara online, “ ungkapnya.

Menurut Wabup dengan adanya inovasi baru ini, dalam kurun waktu satu setengah tahun, warga yang memiliki e-KTP dari cakupan 64 persen meningkat menjadi 74 persen.

“Hal ini yang kita dilaporkan kepada Kementerian Kominfo pada saat evaluasi yang dilakukan hari ini. Tentunya kita akan terus melakukan terobosan- terobosan baru dan inovasi- inovasi baru dalam rangka pelayanan kepada masyarakat yang efektif, efesien dan tidak membuat beban masyarakat,” tuturnya.

Menurut Wabup beberapa OPD dilingkungan Pemkab Mimika yang telah melakukan terobosan baru dengan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yakni Disdukcapil, Disnaker, Dinkes dan Dispenda. “Kami berharap semua OPD yang ada di lingkungan Pemkab Mimika dapat melakukan inovasi- inovasi baru untuk mendukung smart city,” ujarnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait