Hari ini Bupati Akan Copot Kepala OPD

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE., M.H usai Apel pagi di Sentra Pemerintahan. (Foto: Lis)

TIMIKA – Tabaos14    I     Bupati Kabupaten Mimika Eltinus Omaleng akan mencopot beberapa Kepala Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) karena dinilai tidak sanggup dalam menjalankan tugasnya, sehingga banyak pekerjan fisik yang tidak berjalan.

Bacaan Lainnya

Demikian disampaikan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE., M.H saat memimpin apel pagi di kantor pusat pemerintahan, Senin (13/01)

“Saya akan copot karena ada beberapa OPD yang pekerjaanya tidak beres, siapa-siapa itu, sebentar baru saya sampaikan,” ujar Bupati Omaleng.

Pernyataannya itu didasarkan pada alasan prinsip, yang membuat Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) tahun 2019 kemarin cukup besar. Ini dikarenakan kurangnya kerjasama antara pimpinan dan anak buah, membuat banyak pekerjaan fisik yang tidak dapat diselesaikan.

“Padahal saya setengah mati cari anggaran ke Pusat dan Provinsi, mengemis kita punya hak. Baru anggaran sudah ada, kalian tidak bisa gunakan, “ jelasnya bernada kecewa.

Kata bupati lagi, jika ada OPD yang merasa tidak mampu seharusnya dapat langsung mengundurkan diri saja. Bupati Omaleng juga katakan, jika saat ini tidak ada perolingan. Namun akan dicopot satu persatu dari jabatan sebagai kepala OPD.

“Sekarang di Pendopo akan saya umumkan pencopotan kepala OPD, seharusnya mereka sadar diri. Kalau merasa tidak beres, mengundurkan diri tanpa harus saya copot lagi,” tegas bupati.

Bupatipun mengungkapkan kekecewaannya terkait penyerapan anggaran yang dinilai sangat lambat. Kata Bupati Omaleng, tahun 2019, penyerapan hanya 80 persen. Ini lebih kecil dari tahun sebelumnya, yang mencapai 90 persen lebih

“Tahun ini lebih kacau dari tahun kemarin,” tekan Bupati Eltinus Omaleng. (Lis)

Pos terkait