Hanya Dua Anggota Dewan, Pembukaan Paripurna Raperda APBD Mimika 2020 Ditunda

  • Whatsapp
Ketua Komisi A DPRD Mimika, Saleh Alhamid

Timika – Sidang Paripurna I Masa Sidang III Tentang Pembukaan Sidang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Induk Kabupaten Mimika Tahun 2020 terpaksa ditunda, pasalnya hanya dihadiri h dua Anggota DPRD Mimika yakni Ketua Komisi A DPRD Mimika, Saleh Alhamid dan anggota Komisi C DPRD Mimika, Muhamad Nurman S. Karopukaru.

Keputusan paripurna ini berdasarkan ketentuan Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2018, pasal 97 ayat 9 tentang pedoman penyusunana tata tertib dewan perwakilan rakyat daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota. Selanjutnya paripurna tersebut akan dilaksanakan setelah adanya ketentuan dari pimpinan rapat.
Ketua Komisi A DPRD Mimika Saleh Alhamid menjelaskan bahwa beberapa anggota DPRD Mimika yang tidak bisa hadir dalam rapat paripurna tersebut lantaran sedang dalam perjalanan dari Jakarta ke Timika setelah mengikuti pembahasan APBD tahun 2020.

Bacaan Lainnya

Namun di sisi lain dicurigai, sebagian anggota dewan tidak hadir karena kecewa berkaitan dengan adanya surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kepada Gubernur. Sebagian anggota DPRD Mimika periode 2014-2019 menginginkan agar Gubernur harus menindaklanjuti surat tersebut.

“Saya hanya menduga saja sebagian teman-teman tidak hadir karena mengetahui adanya surat dari Kemendagri itu. Kalau tidak memenuhi forum, maka Paripurna penting ini tidak bisa dilaksakan dan harus ditunda. Sementara anggota DPRD baru harus dilantik tanggal 24 november,” jelasnya di Kantor DPRD, Jumat (22/11).

  • Whatsapp

Pos terkait