Guna Melihat Perkembangan RAD TPB SDGs, Pemkab Mimika Gelar Monitoring dan Evaluasi

Suasana rapat monitoring dan evaluasi RAD TPB/SDGs di Kantor Bappeda Mimika, Kamis (7/7/2022).

Timika – Tabaos14 | Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) rencana aksi daerah (RAD) tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) Sustainable Development Goals (SDGs).

Kegiatan ini monev tersebut dilaksanakan di Kantor Bappeda Mimika, Kamis (7/7/2022) dan diikuti oleh perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait uang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika.

Sekretaris Bappeda, Yosep Manggara dalam sambutannya menjelaskan tujuan dari digelar kegiatan monev ini adalah untuk mengamati perkembangan pencapaian RAD TPB/SDGs dari waktu ke waktu.

“Dan juga untuk mengukur kemajuan pencapaian target dengan indikator yang sudah ditetapkan yaitu mengidentifikasi dan mengantisipasi setiap permasalahan sehingga dapat diambil tindakan secepatnya,” ujarnya.

Di samping itu kegiatan monev ini pun, kata Yosep, dilakukan untuk memberikan gambaran atas pencapaian RAD TPB/SDGs dan menganalisis permasalahan dan faktor penyebabnya.

“Sehingga hasil evaluasi ini nantinya dapat menjadi acuan untuk melakukan perbaikan ke depannya,” ucapnya

Selanjutnya, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Septinus Timang saat membuka rangkaian acara menjelaskan pembangunan berkelanjutan merupakan program pemerintah untuk menyelesaikan kesenjangan sosial.

“Oleh sebab itu, hari ini kita melakukan valuasi untuk melihat kembali progresnya dari rencana aksi daerah TPB/ SDGs sudah sejauh apa, karena ini akan menjadi bahan acuan kita untuk menyusun rencana pembangunan pada tahun mendatang,” paparnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Bappeda Mimika telah melaksanakan pertemuan konsultasi publik mengenai penyusunan RAD TPB/SDGs, Rapat Pleno Koordinasi penyempurnaan RAD TPB/SDGs, dan rapat koordinasi lintas pilar yang bertujuan untuk menyusun RAD TPB Kabupaten Mimika tahun 2020-2024.

Pos terkait