GKI Tanah Papua Peduli Lawan Covid-19 Sampaikan Salam Jumat Agung dan PASKAH

  • Whatsapp

Ketua BP Am Sinode GKI Di Tanah Papua, Pdt. Andrikus Mofu, M.Th. (Foto/Video: Multi Media Sinode GKI DTP/Rony Berotabui)

JAYAPURA – Tabaos14    I    Mendukung semua upaya pemerintah dan pihak lainnya mencegah penyebaran Covid-19, Gereja Kristen Injili Di Tanah Papua (GKI DTP) mengajak segenap umat di Tanah Papua Peduli melawan Covid-19 sekaligus menyampaikan salam damai ibadah Jumat Agung dan PASKAH 2020.

Bacaan Lainnya

Ketua Badan Pekerja (BP) Am Sinode GKI DTP, Pdt. Andrikus Mofu, M.Th dalam himbauannya melalui video konferens kepada umat di Tanah Papua, Selasa (07/04) mengajak segenap umat GKI Di Tanah Papua memperhatikan dan melaksanakan hal-hal penting bagi kebutuhan pelayanan dan persekutuan umat. Terutama dalam peringatan dan perayaan Jumaat Agung dan PASKAH di Tahun 2020 ini.

Dari situasi dan kondisi yang dialami dunia dan bangsa serta warga di Tanah Papua diantara semakin memburuknya penyebaran Corona Virus Desease 2019 atau Covid-19 yang telah membunuh ribuan umat, bahkan belum menunjukkan tanda-tanda penurunan yang diharapkan maka umat diajak untuk terus waspada. Terutama dengan mengikuti semua anjuran dan arahan yang selalu disampaikan pemerintah setempat untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga dalam dinamika berjemaat dan aktivitas bermasyarakat dapat terus dihindari setiap hal yang mungkin saja dapat merugikan diri pribadi, keluarga bahkan masyarakat secara umum.

 

“Setelah melayangkan surat Penggembalaan pertama dan kedua, bahkan himbauan maka berdasarkan rapat yang kami lakukan hari ini disampaikan hasil kesepakatan BP Am Sinode GKI Di Tanah Papua yang diharapkan dapat diikuti segenap umat Di Tanah Papua,” ujar Pdt. Andrikus Mofu.

Pertama soal pelaksanaan ibadah-ibadah rutin di hari Minggu maupun ibadah keluarga dan unsur-unsur Jemaat, kiranya dapat diatur para Pendeta dan Majelis untuk tetap dilakukan pada setiap rumah Jemaat dalam doa untuk terus menggumuli setiap hari, situasi ini dapat cepat berlalu.

Berikutnya soal ibadah Jumat Agung, agar dapat diatur oleh setiap Pendeta Jemaat dan Majelis agar pelaksanaannya tetap dapat dilakukan pada setiap rumah Jemaat.

“Pendeta dan Majelis dapat tetap membuka pintu gereja pada peringatan Jumat Agung maupun Paskah, sambil merancang pemberian khotbah bagi ibadah umat yang dilakukan Jemaat pada setiap rumah, di masa Jumat Agung maupun Paskah, ” jelas Pdt Andrikus Mofu.

Termasuk untuk pelaksanaan Peneguhan Sidi Jemaat Baru dan Perayaan Sakramen Perjamuan Kudus, bukan ditiadakan tetapi di lakukan penjadwalan ulang, sampai situasi dan kondisi dinyatakan benar-benar terbebas dari Covid-19 ini.

Demikian juga dengan ibadah perayaan Paskah pertama dan kedua dipindahkan ke rumah rumah Jemaat. “Tetapi sekali lagi agar pintu gereja tetap dibuka pada Paskah pertama dan kedua, bahkan Pendeta dan Majelis dapat mengatur agar terjadi doa dan perenungan bagi ibadah warga di setiap rumah,” pesan Ketua BP Am Sinode, Pdt. Andrikus Mofu.

Pemasangan Lampion Sambut Jumat Agung dan PASKAH

Dalam arahannya, Pdt. Andrikus Mofu juga mengajak para Pendet dan Majelis agar dapat mengatur agar pada setiap rumah Jemaat dapat terpasang Lampion sebagai tanda perayaan Jumat Agung dan PASKAH oleh segenap umat GKI Di Tanah Papua.

 

“Untuk hal itu kami mengajak Pendeta dan Majelis dapat mengatur adanya pedomna liturgi dan renungan bagi kebutuhan ibadah Jemaat pad setiap rumah,” ucap Pdt. Andrikus.

Pdt. Andrikus Mofu juga mengingatkan bahwa, BP Am Sinode menyadari kerinduan umat untuk bisa memperingati dan merayakan Jumat Agung dan PASKAH seperti biasanya. Namun situasi dan kondisi mengharuskan himbauan ini disampaikan kepada warga umat GKI Di Tanah Papua.

 

“Tuhan tentu mengetahui hati kita dan apa yang sedang kita gumuli bersama, kita tetap memberikan perhatian untuk tugas dan tanggung jawab pelayanan didalam persekutuan umat percaya. Percayalah bahwa Kasih dan Anugerah Tuhan tetap ada dan menyertai kita sekalian dalam menghadapi situasi dan kondisi ini bersama kekuatanNya. Selamat beribadah Jumat Agung dan PASKAH, Tuhan Yesus Kristus Memberkati kita semua… Amin,” salam Pdt. Andrikus Mofu dan segenap BP Am Sinode GKI Di Tanah Papua. (Sam Nussy)

  • Whatsapp

Pos terkait