Garuda Akui Harga Tiket Timika Jayapura Normal

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14  |  Maskapai penerbangan Garuda mengklaim harga tiket penerbangan pulang pergi Timika – Jayapura dengan harga normal. Walaupun terjadi perubahan jadwal dari jadwal yang sebelumnya direncanakan.

Manager Garuda Indonesia Cabang Timika, I Nyoman Teguh mengatakan perubahan jadwal penerbangan tersebut dilakukan berdasarkan Instruksi Pemerintah Provinsi Papua Nomor: 531.1/8665/SET yang dikeluarkan pada 19 Juni 2020 di Jayapura oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Dr. Muhammad Musaad.

Muat Lebih

“Penerbangan pulang-pergi Jayapura – Timika – Makassar – Jakarta dijadwalkan pada Minggu 28 Juni 2020. Kepada penumpang yang telah memiliki tiket Garuda Indonesia, dimohon agar dapat melakukan penjadwalan ulang di kantor Garuda dengan membawa sejumlah persyaratan yang ditentukan,” tuturnya kepada wartawan melalui Whatsapp, Jumat (26/6).

Untuk penumpang keluar Timika, syarat utama yang harus dipenuhi adalah hasil Swab atau PCR negative, atau Rapid Test non reaktif sesuai daerah tujuan yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan. Kemudian, penumpang harus mengisi Form of Indemnity (FOI) atau surat pernyataan di kantor Garuda – Surat Pernyataan Pembebasan Garuda Airlines.

“Penumpang wajib menyertakan Kartu Identitas KTP/ID serta wajib install aplikasi Peduli Lindungi di Handphone masing-masing,” singkatnya.

Peduli Lindungi adalah aplikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang dihadirkan sebagai salah satu upaya untuk meredam wabah virus corona di Indonesia. Cara kerjanya mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan. Menurut keterangan yang tertera di situsnya, aplikasi Peduli Lindungi akan mengumpulkan data yang diperlukan dari ponsel pengguna sambil mengaktifkan koneksi Bluetooth

“ Yang terakhir, mengisi Kartu HAC di stasiun keberangkatan.Healt alert Card (HAC) atau Kartu Kewaspadaan Kesehatan. Kartu itu memuat sejumlah pertanyaan untuk memastikan kondisi kesehatan yang bersangkutan,” katanya.

Untuk penumpang yang hendak masuk Timika (dari Jayapura), syaratnya adalah hasil Rapid test non reaktif. Bagi pemegang KTP Mimika, dapat masuk ke Mimika tanpa Surat Ijin masuk dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Mimika. Sedangkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, POLRI, BUMN dan pegawai lainnya yang bertugas di Timika wajib membawa Surat Dinas dari instansi masing-masing.

“Bagi penumpang umum selain yang disebutkan sebelumnya, wajib membawa Surat Ijin masuk dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Mimika. Yang terakhir, penumpang wajib mengisi Kartu HAC di stasiun keberangkatan,” tuturnya.

Terkait harga tiket, Nyoman menuturkan secara singkat bahwa harga tiket untuk kelas ekonomi masih normal. Y class merupakan kode kelas ekonomi bagi seluruh maskapai di dunia. Informasi lebih lanjut untuk penumpang masuk silakan menghubungi Team Gugus Tugas Mimika di nomor : 085236957772 untuk pribadi atau 085236957771 untuk instansi.

Nyoman juga menyampaikan segera kunjungi kantor Garuda Cabang Timika di Jl. Cendrawasih no. 652-653 Timika pukul 08.00 – 16.00 WIT jika butuh informasi lanjut.

Reporter : Yonri
Editor : Tahir