Freeport Kirim Tim EP&R Bantu Korban Gempa Mamuju

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Dalam rangka kepedulian terhadap bencana yang terjadi di wilayah Indonesia yaitu gempa bumi di Mamuju Sulawesi Barat, PT Freeport Indonesia mengirimkan tim Emergency Preparedness & Respones (EP&R). Tim EP&R PTFI tersebut di berangkatkan dari bandara Mozes Kilangin Timika, Sabtu (16/1).

Mewakili manajemen PTFI, Manager Occupational Health And Safety-Low Land (OHS-LL) Peryadi saat ditemui mengatakan tim yang berangkat akan bergabung dengan tim Tanggap Darurat Kementerian ESDM serta pihak terkait lainnya.

Bacaan Lainnya

Menurut Peryadi keberangkatan tim sesuai dengan surat permohonan dari Kementerian ESDM kepada seluruh pimpinan perusahaan pertambangan untuk memberikan bantuan evakuasi korban bencana alam yang terjadi di Mamuju.

“Kami (PTFI) menyambut baik, permohonan bantuan tersebut, maka dari itu pada kesempatan sore hari ini (Sabtu sore) kami memberangkatkan tim EP & R,” kata Peryadi saat mengantar keberangkatan tim EP&R.

Peryadi menjelaskan pihaknya belum dapat memastikan berapa lama tim akan berada di Mamuju, karena tim nantinya akan bergabung dengan tim tanggap darurat dari perusahaan yang lainnya terlebih dahulu untuk nantinya dilanjutkan dengan arahan dari pihak Kementerian ESDM sebagai koordinator.

Selain mengirimkan tim tanggap darurat
PTFI nantinya juga akan mengirimkan tenaga medis, bantuan logistik serta medis rencananya tenaga medis akan ditempatkan di posko-posko. Selain itu juga dalam masa pandemi tim juga dibekali dengan peralatan pendukung seperti baju Alat Pelindung Diri (APD/Hazmat), Hands Sanitizer, serta masker.

“Kita akan tunggu arahan (Kementerian ESDM) berapa lama tim akan bertugas disana,” jelasnya.

Peryadi mengungkapkan mewakili manejemen PTFI pihaknya menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada seluruh korban bencana. “Mewakili perusaahan saya mengucapkan belasungkawa dan duka, semoga keluarga diberikan ketabahan dan kesabaran, juga bencana ini dapat cepat diatasi,” ungkapnya.

Selajutnya selaku ketua Tim EP&R Rasyid menjelaskan tim yang akan diberangkatkan beranggotakan individu handal, karena selalu melakukan pelatihan, sehingga ketika dibutuhkan tim selalu siap.

Terkait dengan kesiapan teknis Rasyid mengatakan secara teknis tim akan berkoordinasi lebih lanjut dengan koordinator dalam hal ini Tim Tanggap Darurat Kementerian ESDM terkait dengan tugas yang akan dilakukan.

Sementara terkait dengan alat yang disiapkan Rasyid menjelaskan tim membawa alat yang berfungsi untuk mencungkil, mengangkat dan alat medis untuk melakukan evakuasi dan pertolongan pertama terhadap korban.

“Kami ada empat anggota yang dikirim, saya (Rasyid) selaku ketua tim, nantinya akan bergabung bersama kami tim medis dari Jakarta,” jelasnya.
Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait