FPPKW Desak SK DPRD Waropen Terbit dan Dilantik

Aksi demo damai dan orasi FPPKW di depan pintu masuk Hall Kantor Gubernur Provinsi Papua, Rabu (29/01).

 

JAYAPURA – Tabaos14    I     Aksi demonstrasi damai Forum Peduli Pembangunan Kawasan Waropen (FPPKW), Rabu (28/01) yang dilanjutkan ke depan Kantor Gubernur Papua, akhirnya diterima Gubernur Lukas Enembe melalui Bakesbangpol Provinsi Papua dan Kabag Produk Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Papua.

 

Dari penjelasan Juru Bicara FPPKW, Rando Rudamaga dan Penanggung jawab Aksi Demo FPPKW, Jansen Karet diketahui bahwa, terhambatnya SK Pelantikan DPRD Waropen itu diawali saat terjadinya kekeliruan pergantian SK oleh KPUD yang diteruskan kepada Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Papua.

 

Dikatakan Jansen, setelah KPU Kabupaten Waropen melakukan pleno penetapan dan menerbitkan SK Penetapan, selanjutnya sudah langsung diusulkan pada Pemerintah Provinsi Papua melalui Bagian Kesbangpol Kabupaten Waropen dan dilanjutkan ke Biro Hukum Provinsi Papua untuk diterbitkannya SK DPRD Kabupaten Waropen terpilih. Namun terjadi perubahan didalam penerbitan SK DPRD Kabupaten waropen itu, yang selanjutnya mengakibatkan terlambatnya pelaksanaan proses pelantikan.

 

Selebihnya, ditambahkan Rando, terjadi blunder antara Pemerinta Kabupaten Waropen dan KPUD-nya selaku pihak penyelenggara, terutama soal perubahan SK DPRD tersebut.

Meski sudah diambil alih KPUD sebagai penyelenggara Pemilu Legislatif 2019 silam, KPUD Waropen diharapkan dapat terus melakukan pengawalan demi tidak terjadinya lagi perubahan nama-nama Anggota DPRD Waropen terpilih yang sebelumnya, sudah ditetapkan KPUD Waropen.

 

Hingga kini, diakui Rando yang mewakili FPPKW yang juga menjadi representasi masyarakat Waropen kebanyakan, membuat terjadinya kekosongan didalam roda pemerintahan Kabupaten Waropen, yang berimbas pada tidak maksimalnya pelayanan publik di Waropen.

Itu sebabnya, FPPKW berharap agar segera ada perhatian pemerintah pusat guna menindak-lanjutinya agar Pemerintah Provinsi Papua secepatnya menerbitkan SK DPRD terpilih dan dilanjutkan dengan proses pelantikannya.

Usia orasinya didepan pintu masuk Hall Kantor Gubernur Papua, FPPKW pun diterima dan diajak dalam dialog dalam aula pertemuan Kantor Gubernur oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Ka.Bakesbangpol) Provinsi Papua, Musa Isir.

 

Penanggung jawab aksi demo Forum Peduli Pembangunan Kawasan Waropen (FPPKW), Jansen Karet selanjutnya menyerahkan pernyataan sikap kepada Kepala Bakesbangpol Provinsi Papua, Musa Isir yang didampingi Kabag Produk Hukum Provinsi Papua, Abner Kehek usai dialog yang dilakukan.

Musa Isir pun dalam penerimaannya mengatakan, akan langsung meneruskan aspirasi FPPKW kepada pimpinannya atau Gubernur Lukas Enembe untuk mendapatkan pertimbangan tindak lanjutnya. (samone)

 

Pos terkait