FPHS Tsingwarop Demo Tuntut Bupati Mundur Dari Jabatan Atau Freeport Akan Ditutup

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Ratusan warga yang bernaung dibawah Forum Pemilik Hak Sulung (FPHS) tiga kampung Tsinga, Waabanti dan Aroanop (Tsingwarop) menggelar demo damai di kantor pusat pemerintahan SP III, Kamis (26/8/20). Mereka menuntut Bupati Eltinus Omaleng di copot atau akan menutup PT Freeport Indonesia.

Ketua FPHS Tsingwarop Yafet Mangga Beanal, dalam orasinya mengancam pihaknya akan menduduki kantor pusat pemerintahan Mimika jika bupati Eltinus Omaleng tidak turun dari jabatannya.

Bacaan Lainnya

“Sekarang kami menyatakan perang, karena Bupati Omaleng tidak pernah perhatikan kami sebagai anaknya. Dua sebagai pemerintah telah menikmati hak kami selama ini dan kami tidak dapat apa-apa,” teriaknya.

Sementara Sekretaris FPHS Tsingwarop Erfinus Omaleng dalam orasinya menyampaikan, pihaknya meminta kepada Presiden dan para menteri terkait untuk datang berbicara bersama. Sehingga hak-hak tiga kampung bisa di berikan bagaimana mestinya.

“Jika mereka tidak datang dan berunding bersama kami disini maka kami akan tetap disini bersama masyarakat sampai bupati Mimika di copot,” tegasnya dalam orasi.

Sementara aksi demo damai berjalan dengan aman dan tertib, tampak aparat keamanan dari kepolisian dibantu oleh satpol pp berjaga-jaga mengawal jalannya demo. Setelah melakukan orasi para pendemo mendirikan tenda di halaman kantor pusat pemerintahan.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait