F-PHS Tsingwarop Buat Kantor Sekretariat

  • Whatsapp

TIMIKA – Tabaos14  |  Forum Pemilik Hak Sulung (F-PHS) Tsingwarop resmi memiliki kantor Sekretariat. Sekretariat tersebut dibuat agar dapat melayani dan mendengar serta mendukung aspirasi masyarakat 3 Desa yaitu masyarakat Waa/Banti, Tsinga dan Aroanop.

Ketua F – PHS Tsingwarop, Yafet Beanal bertujuan agar warga dari tiga Kampung ini bisa mendapatkan hak – haknya sebagai anak sulung dampak dari PT Freeport serta berjuang mendapatkan saham dari perusahaan Tambang itu.

Bacaan Lainnya

“Forum Pemilik Hak Sulung Tsinga, Waa-Banti, dan Aroanop (FPHS Tsingwarop) tetap melanjutkan perjuangan untuk mendapatkan saham dari PT Freeport Indonesia,” kata Yafet ketika ditemui di sekretariat Selasa (16/6) di Jalan Kalimutu/ Jalan C. Heatubun.

Selain itu kata Dia, tujuan mendirikan Sekretariat adalah kerja dan kegiatan FPHS Tsingwarop akan lebih lagi, dengan membahas saham 4 persen milik warga 3 Desa.

“Dengan adanya kantor ini, maka kerja dan kegiatan FPHS Tsingwarop akan lebih lagi, dengan membahas saham 4 persen milik warga 3 Kampung yang sudah tertampung dalam Noken kami ,yang di sahkan oleh Pemerintah Pusat dan Peta Wilayah adat kami yang di sahkan oleh Pemerintah Provinsi Papua dari Universitas Cendrawasih,”ucapnya.

Untuk itu ia berharap, agar warga dari tiga Kampung yakni Banti, Tsinga dan Aroanop untuk tidak menyampaikan aspirasi mereka diluar dari Forum. Karena hal ini dapat dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Dimana daerah saya sendiri terkena dampak Teling dari perusahaan Freport, jadi saya minta kepada masyarakat 3 Desa FPHS Tsingwarop jangan menyampaikan aspirasi di luar dari wilayah kantor FPHS Tsingwarop karena akan di manfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” jelasnya.

Forum Pemilik Hak Sulung Tsinga, Waa-Banti, dan Aroanop (FPHS Tsingwarop) sendiri mempunyai Struktur Organisasi Ketua Yafet Beanal, Wakil Ketua F-PHS Menasse Janggkup, Sekretaris Pengurus Yohan Zonggonau, Ketua Lembaga Masyarakat adat (LMA) Tsingwarop Jaya Abugaow, Sekertaris LMA Tsingwarop Julius Janampa, dan Kepala Suku 3 Kampung Tsinga, Waa Banti dan Aroanop, Tsingwarop, Dominggus Natkime. (Ifona Akoha)

Pos terkait