Empat Maskapai Penerbangan Di Mimika Siap Terapkan Instruksi Bupati

  • Whatsapp

TIMIKA – Tabaos14  |  Sejak dibukanya jalur Transportasi Udara melalui Instruksi Bupati Kabupaten Mimika terkait penerapan Pra New Normal (PNN), empat maskapai yang ada di Timika siap menjalankan instruksi tersebut.

Hal tersebut tersebut diketahui dalam Konferensi Pers Pelayanan Penerbangan Pra New Normal yang difasilitasi oleh Diskominfo Kabupaten Mimika di Hotel Grand Mozza, Selasa (9/6).

Muat Lebih

Manajemen empat maskapai penerbangan, yakni Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Batik Air dan Citylink menjelaskan bahwa keempatnya turut menjalankan segala Instruksi Bupati dalam rangka Pra New Normal. Salah satunya adalah penerapan Physical Distancing, yakni hanya mengisi penumpang di dalam pesawat dari 50 persen hingga 70 persen daya muat pesawat.

“Untuk Garuda kami berlakukan sejumlah 100 orang penumpang, atau 70% sehingga setiap penumpang mempunyai jarak,” tutur Sales and Marketing Manager Garuda Indonesia Cabang Timika, I Nyoman Teguh.

Selain itu, yang paling utama adalah para penumpang menyiapkan Surat Rekomendasi Sehat yang ditandatangani oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng yang juga selaku Ketua Tim TG-TPP (Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID – 19).

Disarankan oleh setiap maskapai, pengurusan Surat Rekomendasi ini sebaiknya dilakukan sebelum warga membeli tiket. Selain itu, bentuk Protocol Kesehatan yang akan diterapkan oleh para maskapai penerbangan adalah, setiap penumpang diwajibkan memakai masker dan sarung tangan sejak masuk bandara hingga tiba di tempat tujuan.

Agar pemeriksaan di Bandara Timika tidak berdesakan dan terjadi keterlambatan penerbangan akibat pemeriksaan dokumen dan screening kesehatan, maka setiap penumpang wajib hadir empat jam sebelum terbang.

“Penumpang diwajibkan hadir 4 jam sebelum keberangkatan guna pemeriksaan dokumen,”terang Manager Batik Air Cabang Timika, Imran.

Untuk kenyamanan para penumpang serta tindakan bersama dalam rangka pencegahan Covid-19, para penumpang diwajibkan mematuhi setiap hal yang menjadi komitmen para maskapai yang ada di Mimika.

Video konferensi ini dihadiri juga oleh Assisten Bidang Administrasi Umum, Ir. Nicholas Kuahaty; UPBU Mozes Kilangin, Anton Pasoro, SE; Jubir TGTPP, Reynold Ubra, M. Epid, Station Manager Citilink Timika, Gunawan dan District Manager Sriwijaya Air Timika, Timotius. (Yonri)