Dukcapil Maluku Tenggara Akan Lakukan Pelayanan Luar Domisili di Kabupaten Mimika

Sekretaris Dukcapil Kabupaten Maluku Tenggara, Lily Etwiyori.

Timika – Tabaos14 | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Maluku Tenggara akan lakukan Pelayanan Luar Domisili (PLD) di Kabupaten Mimika. Tim Disdukcapil Maluku Tenggara tiba di Mimika Selasa (15/3/2022).

Sekretaris Dukcapil Kabupaten Maluku Tenggara, Lily Etwiyori saat ditemui tabaos14.com di Sekretariat Ikatan Kerukunan Keluarga Kei Mimika (IK3M) mengatakan PLD ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara kepada penduduk Maluku Tenggara yang sementara berdomisili di Kabupaten Mimika.

Bacaan Lainnya

“Jadi kami datang ke sini (Timika) untuk melakukan Pelayanan Luar Domisili bagi penduduk Maluku Tenggara yang mungkin dengan alasan pekerjaan mereka ada di sini tapi administrasi kependudukannya ada di Maluku Tenggara,”katanya.

Lily mengatakan Dukcapil Maluku Tenggara akan melakukan berbagai pelayanan, diantaranya kartu keluarga, E-KTP, kartu identitas anak, akta kelahiran, akta perkawinan, dan pengurusan pindah datang penduduk atau mutasi.

Pelayanan ini, kata dia, akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 16-18 Maret 2022 di Sekretariat IKSM pada pukul 08.00 WIT sampai selesai.

“Persyaratannya cukup dengan membawa kartu keluarga saja. Tapi kalaupun tidak ada, datang saja. Nanti baru kita cek datanya di sini, di tempat perekaman,” ujarnya.

Bagi yang ingin melakukan perpindahan penduduk atau mutasi, Lily menjelaskan harus membereskan data kependudukannya terlebih dahulu.

“Yang penting semua sudah terselesaikan, maksudnya kita sudah melakukan perekaman terhadap mereka. Setelah itu baru datanya kami pindahkan atau mutasikan dari Maluku Tenggara ke Mimika,” terangnya.

Dengan adanya kegiatan Pelayanan Luar Domisili ini, dia berharap adanya partisipasi aktif dari masyarakat khususnya masyarakat Maluku Tenggara yang berdomisili sementara di Kabupaten Mimika.

“Kami sudah jauh-jauh dari Maluku Tenggara datang ke sini cari mereka dengan kepedulian yang besar, sehingga kami harap ada juga rasa peduli dari mereka terhadap kami untuk pemenuhan dokumen kependudukan dari masyarakat khususnya masyarakat Maluku Tenggara yang sementara berdomisili di Mimika,” pungkasnya.

 

Pos terkait