DPRD Mimika Usulkan Pokir Kepada Pemerintah

Sejumlah anggota DPRD Mimika saat membahas pokir.

 

TIMIKA – Tabaos14    I     Terkait Rencana Pembangunan untuk tahun 2021, seluruh anggota DPRD Mimika diminta untuk memasukkan pokok pikiran (Pokir) berdasarkan surat dari Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE. MH tertanggal 23 Januari lalu.

“Terkait dengan apa yang disampaikan atau surat dari Bupati tertanggal 23 Januari 2020 itu tentang permintaan pokok pikiran DPRD,” kata Iwan Anwar saat ditemui di kantor DPRD Mimika, Senin (03/02).

Ia menjelaskan, pokir yang dimasukkan berdasarkan Pasal 78 ayat 2, Peraturan Mendagri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.

“Pokok pikiran inikan terkait dengan rencana Pemda tahun 2021,” jelasnya.

Jadi, dirinya berharap kepada seluruh anggota DPRD Mimika agar berpartisipasi dalam memasukkan atau mengucapkan program dari dapilnya yang sangat dibutuhkan masyarakat saat kampanye.

“Jadi diharapkan, dari legislatif yang juga akan ikut aktif dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Pokir ini nanti akan diajukan di Musrenbang, supaya pokir yang bermula dari hal-hal yang pernah dikampanyekan. Ada yang disampaikan masyarakat tentang apa yang mereka butuhkan di daerah pemilihan (Dapil)-nya masing-masing. Saran dan pokir itulah yang dituangkan untuk menjadi pokir, ” ungkapnya.

Ia menambahkan, seluruh anggota DPRD Mimika diberikan batas waktu untuk mengusulkan program kepada pemerintah melalui pokir. Nantinya akan dibahas dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).

“Kami diberikan waktu sampai minggu depan, jadi besok mungkin teman-teman dewan sudah memusyawarahkan dan mensinkronisasi pokir mereka,” tambahnya.

Ia berharap, pokir yang dimasukkan benar-benar yang dibutuhkan oleh masyarakat. (Mrc)

Pos terkait