DPMPTSP Bantu Permudah Perpanjangan Izin Usaha Yang Tidak Berdampak Lingkungan

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mengupayakan mempermudah perpanjangan izin bagi usaha yang tidak berdampak pada lingkungan. Hal ini agar tidak ada lagi masyarakat yang mengeluhkan proses kepengurusan perizinan yang dinilai lama karena harus melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mimika.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Mimika, Willem Naa mengatakan terkait hal tersebut pihaknya telah melakukan rapat dengan pihak terkait lainnya yang menyepakati perpanjang izin usaha, yang tidak berdampak pada lingkungan atau limbah, akan langsung disetujui oleh DPMPTSP. “PTSP langsung eksekusi, langsung tandatangan,” kata Willem di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Kamis (18/3/2021).

Bacaan Lainnya

Willem mengungkapkan bahwa, berdasarakan keputusan tersebut, maka seluruh perpanjangan izin yang tidak berdampak lingkungan tidak perlu lagi mengurus ke Dinas Lingkungan Hidup. Adapun jenis usaha yang dipercepat proses perizinannya seperti toko dan kios “Sederhananya itu kita kasih putus itu (proses melalui DLH dan Bappeda). Karena selama ini, selama ini semua korban, perpanjangan sampai tidak kena dampak lingkungan juga harus ikuti, kalau lama kan kasihan to,” ungkapnya.

Willem menjelaskan, penyebab lambannya proses perizinan di Kabupaten Mimika karena banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi. Akibatnya DPMPTSP menjadi sorotan masyarakat, padahal menurutnya, pihaknya hanya bekerja sesuai dengan prosedur.

“Karena persyaratan-persyaratan dalam SK Bupati untuk ijin lingkungan itu ada 9 sedangkan, belum lagi persyaratan di lingkungan lain lagi, persyaratan di tata ruang (Bappeda) juga lain lagi, ini yang sangat lama,” tuturnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait