DPC PDIP Mimika Bantu APD Tenaga Medis

  • Whatsapp

Penyerahan bantuan APD Tenaga Medis oleh DPC PDIP Mimika. (Foto: Tahir)

TIMIKA – Tabaos14    I    Sebagai bentuk dukungan kepada para tenaga kesehatan dalam menangani pandemi Covid-19 di kabupaten Mimika, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Mimika di Papua menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju Hazmat, Kaos Kaki, Topi dan Masker sebanyak 500 buah dan Masker sebanyak 1.000 kepada Rumah Sakit, Puskesmas, Shelter dan petugas Karantina Bandara Moses Kilangin Timika.

Bacaan Lainnya

Penyerahan bantuan APD diserahkan secara simbolis oleh Ketua DPC PDIP Mimika, Yohanis Felix Helyanan,SE., Sekretaris DPC Alfian Akbar Balyanan, SH., Wakil Ketua Bidang Kehormatan Partai dan Organisasi Johanis Rettob,S.Sos, MM dan Thobias Maturbongs Wakil Ketua Bidang Buruh Tani dan Nelayan. Turut hadir pula Bendahara Endro Nuryanto, Lusy Lokolo, serta beberapa pengurus lainnya seperti Saul Wanimbo, Ros Okoseray, Rudolf Kambayong serta Pengurus Anak Cabang dan kader PDI Perjuangan.

 

Empat titik bantuan APD dintaranya di RSUD Mimika, Rumah Sakit Mitra masyarakat (RSMM), Selter Wisma Atlet, Tim Gugus Penanganan Covid-19, Puskesmas Timika dan Petugas Karantina Bandara Udara Moses Kilangin Timika.

Selain empat titik tersebut, bantuan APD dari PDIP juga kepada Puskesmas Timika Jaya (SP2), Puskesmas Kwamki, Puskesmas Jile Ale, Puskesmas Pasar Sentral, Puskesmas Kwamki Narama, Puskesmas Wania, Puskesmas Mapurujaya, Kamoro Jaya SP 1, Rumah Sakit Kasih Herlina dan Klinik Puri Husada.

Penyerahan APD diawali di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kabupaten Mimika, oleh Ketua DPC PDIP Yohanis Felix Helyanan didampingi Wakil Ketua Bidang Kehormatan Partai dan Organisasi, Johannis Rettob, S.Sos., M.M dan Sekretaris Alfian Akbar Balyanan, SH kepada Direktur RSUD Mimika, dr. Antonius Pasulu serta staff RSUD Mimika.

Setelah RSUD, penyerahan APD dilanjtukan ke RSMM, Shelter Wisma Atlet, Posko Tim Gugus Covid-19, dan selanjutnya ke petugas Karantina Bandara Moses Kilangin Timika.
Setelah penyerahan ke Tim Gugus Tugas, selanjutnya penyerahan APD dilanjutkan ke Puskesmas dan Rumah Sakit Swasta serta Klinik di beberapa lokasi yang dilakukan oleh para pengurus dan kader.

Yohanis Felix Helyanan yang juga Wakil Ketua II DPRD Mimika yang lebih akrab disapa Jhon Thie mengatakan, bahwa pemberian bantuan APD ini memang ditujukan kepada yang paling utama yakni para petugas medis. Para petugas medis ini kata Jhon Thie, adalah garda terdepan dalam penanganan Covid-19 baik di RS, Puskesmas, Klini, Tim Gugus Tugas serta petugas Karantina Bandara.

“Petugas medis ini sebagai garda terdepan, mereka harus lindungi diri, harus vit. Kalau akhirnya toh nanti mereka (petugas medis) yang jadi korban, siapa lagi yang mau layani pasien, jadi kami fokuskan kepada para petugas medis,” jelas Jhon Thie.

Bantuan APD ini, diharapkannya dapat bermanfaat untuk para petugas medis dalam pelayanan menangani Covid-19 di Kabupaten Mimika.

“APD yang kami berikan ini masing-masing, 100 set untuk dua rumah sakit yakni RSUD dan RSMM. Sedangkan untuk Fasilitas Kesehatan lain, jumlah APD yang diberikan bervariasi. Total APD yang diberikan terdiri dari, baju pelindung diri (Hazmat), masker, topi, dan sepatu. Total APD yang diberikan berjumlah 500 set dan Masker 1000 buah,” jelasnya.

Dalam pemberian bantuan ini, PDIP tambah Jhon Thie, berharap agar para petugas medis yang kini tengah berjuang untuk melawan covid-19 bisa terus sehat dan terhindar dari virus mematikan ini. Dukungan dari semua pihak sebutnya, menjadi obat yang paling ampuh untuk membuat semangat para petugas media sebagai garda terdepan penanganan Covid-19.

Masih kata John Thie, bantuan tersebut merupakan inisiatif dari DPC PDI Perjuangan Kabupaten Mimika yang mengambil langkah pertama guna melindunggi para tenaga medis karena mereka adalah penjuang Covid-19 yang harus diberikan perhatian dan perlindungan.

“Kita juga punya kewajiban moral untuk mensuport mereka. Bayangkan kalau pada akhirnya mereka yang menjadi korban, siapa lagi yang akan merawat saudara-saudara kita ini,” tutur John Thie.

Berikut rincian bantuan APD yang diserahkan DPC PDIP Perjuangan Kabupaten Mimika di RSUD Mimika 100 set, RSMM 100 set, Wisam Atlet 75 set, Tim Gugus 25 set, Puskesmas Kwamki Baru 20 set, Puskesmas Timika Jaya 20 set, Puskesmas Ile Ale 20 set, Puskesmas Kwamki Narama 20 set, Puskesmas Pasar Sentral 20 set, Puskesmas Wania 20 set, Puskesmas Kamoro Jaya 20 set, Puskesmas Mapurujaya 20 set, Rumah Sakit kasih Herlina 25 set, Klinik Puri Husada set dan Karantina Bandara Moses Kilangin 20 set. (Tahir)

  • Whatsapp

Pos terkait