DPA Tahun Anggaran 2021 Diserahkan, Bupati Omaleng Ingatkan OPD Laksanakan Kegiatan Yang Termuat Dalam Dokumen

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Tahun 2021 diserahkan kepada masing masing OPD di lingkup Pemkab Mimika, Rabu (10/3). Penyerahan Dokumen itu dipimpin langsung oleh Bupati Kabupaten Mimika Eltinus Omaleng di Pendopo Rumah Negara, Sp 3, Distrik Kuala Kencana.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam sambutannya menegaskan, setelah penyerahan ini pimpinan OPD wajib melaksanakan kegiatan-kegiatan yang termuat dalam DPA dengan penuh rasa tanggungjawab. Harus mentaati dengan sungguh-sungguh mekanisme dan prosedur yang berlaku dalam proses pelelangan agar dilakukan secara transparan sesuai petunjuk Pepres Nomor 54 Tahun 2010 dan Pepres Nomor 17 Tahun 2019

Bacaan Lainnya

“Dikelola secara efektif dan efisien, dengan meyakini dan menerapkan prinsip-prinsip yang benar dalam mengelola anggaran daerah,” kata Omaleng.

Bupati memerintahkan, segera menunjuk Pejabat Pengelola Keuangan (PPK-OPD), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA-OPD), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK-OPD), Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran, Pengurus dan Penyimpan Barang Daerah. “Hal ini segera ditempuh agar tata usaha keuangan daerah pada masing-masing OPD dapat mulai difungsikan sesuai amanat peraturan yang berlaku,” katanya.

Selain itu, Bupati mengatakan, Pimpinan OPD tetap melakukan evaluasi dan pengawasan selama kegiatan berlangsung sehingga terwujud kesesuaian administrasi dengan sasaran kegiatan yang ingin dicapai. Dan mempertanggungjawabkan secara berkala dan teratur.

“Semua dana yang menjadi tanggungjawab saudara dalam rangka menciptakan pengelolaan keuangan yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel kepada seluruh komponen masyarakat Mimika,”ujarnya.

Diketahu rincian APBD Tahun Anggaran 2021, yaitu Pendapatan Daerah sebesar Rp. 3.559.900.976.131. Belanja Daerah sebesar RP. 3.255.200.976. 131. Sedangkan pembiayaan Daerah yakni penerimaan pembiayaan Rp. 0 (nol rupiah). Pengeluaran pembiayaan Rp. 304.700.000.000.

Reporter/Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait