Dorong Honorer Jadi PNS, Pemkab Mimika Tidak Lagi Rekrut Pegawai Honorer

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Pemerintah Kabupaten Mimika akan mengupayakan semua honorer di lingkup Pemkab Mimika menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sehingga nantinya Pemkab Mimika tidak akan lagi merekrut pegawai honorer.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan bahwa meskipun Kabupaten Mimika hanya mendapatkan kuota sebanyak 600 dari 20 ribu yang di berikan oleh pemerintah pusat untuk Provinsi Papua, pihaknya akan mengajukan terus kuota CPNS sehingga 3.975 honorer semuanya menjadi CPNS.

Bacaan Lainnya

“Kita akan ajukan lagi kepada pemerintah pusat, dan target 3.975 honorer harus diangkat CPNS. Kita akan ajukan terus hingga semua honorer di Pemkab Mimika tidak ada,” kata Bupati Omaleng saat ditemui di hotel Cendrawasih 66, Kamis (29/4/2021).

Bupati menjelaskan, sejak tahun 2019, 2020, hingga 2021 belum ada kuota CPNS yang diperuntukkan bagi Pemkab Mimika, sehingga dengan peluang itu pemerintah akan ajukan kepada pemerintah pusat agar semua tenaga honorer yang ada saat ini diangkat sebagai CPNS.

“Jumlah tenaga honorer yang begitu banyak dianggap sebagai beban APBD Kabupaten Mimika setiap tahunnya,” jelasnya

Bupati mengungkapkan setiap tahun Pemkab Mimika menganggarkan kurang lebih Rp. 147 Miliar untuk membayar tenaga honorer yang ada di Kabupaten Mimika.

“Honorer banyak, tidak ada kerjaan juga sama saja. Kalau honorer yang kerja lalu pegawai negeri kerja apa,” ungkapnya

Bupati menambahkan bahwa sebanyak 3.975 honorer ini jika sudah dianggat sebagai CPNS, kita tidak akan terima honorer lagi, biarkan semua pekerjaan dilaksanakan oleh pegawai negeri.

“Saat ini banyak pegawai negeri yang tidak pernah masuk Kantor karena tidak ada kerjaan bagi mereka, namun pemerintah telah mengambil langkah untuk menertibkan ASN yang selama ini mangkir dari tugasnya,” ujarnya.

Repoprter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait