Ditpolairud Polda Papua Amankan 7 Warga Negara PNG Tanpa Dokumen

  • Whatsapp

Jayapura – Tabaos14| Tujuh warga Negara Papua New Guinea diamankan aparat kepolisian dariTim Lidik Subdit Gakkum dan di back up Piket Patroli Ditpolairud Polda Papua saat melintas di perbatasan perairan Indonesia – PNG, Rabu (9/6). Ketujuh orang WNA itu ditangkap lantaran tidak menunjukkan dokumen keimigrasian kepada petugas.

Dari data kronologis penangkapan tersebut terjadi pada Selasa (8/6/21) pukul 20.00 WIT. Tim Lidik Dit Polairud Polda Papua mendapat informasi bahwa ada warga Negara PNG yang masuk di wilayah Indonesia tanpa dilengkapi dengan Dokumen Keimigrasian yang akan kembali ke Negara Papua New Guinea.

Bacaan Lainnya

Mendengar informasi tersebut, selanjutnya Tim Lidik berkoordinasi dengan anggota Piket Kapal untuk bersama-sama melaksanakan Patroli dalam rangka melakukan pemeriksaan terhadap Dokumen Keimigrasian dari warga Negara Papua New Guinea tersebut.

Sekitar Pukul 00.30 WIT, Rabu (9/6/21) ,tim berhasil mengamankan 2 (dua) unit speedboat yang di dalamnya berisi 7 (tujuh) orang warga Negara Papua New Guinea di Perairan depan Pulau Kosong. Setelah dihentikan dan dilakukan pemeriksaan oleh tim, dari ketujuh warga Negara Papua New Guinea tersebut, sama sekali tidak memiliki Dokumen Keimigrasian yang sah dan wajib di bawa saat masuk ke Negara Indonesia.

Selanjutnya tim membawa ketujuh warga Negara Papua New Guinea tersebut ke Mako Ditpolairud Polda Papua untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait dugaan Tindak Pidana Keimigrasian.

Identitas Warga PNG yang diamankan:
1. Killian Unan (57), Laki-laki, warga Ward 22 Pona, Aitape, Sandaun Province, PNG;
2. Richard Tomur (42), Laki-laki, Warga Ward 22, Aitape, Sandaun Province, PNG;
3. James Tomur, (36), Laki-laki, Warga Ward 22, Aitape, Sandaun Province, PNG;
4. Samson Sakuin, (32), Laki-laki, Warga Aitape, Sandaun Province, PNG;
5. Simon Awirkwe, (43), Laki-laki, Warga Ward 22, Aitape, Sandaun Province, PNG;
6. Charles Pewa, (34), Laki-laki, Warga Ward 22, Aitape, Sandaun Province, PNG;
7. Felix Awowora, (45), Laki-laki, Warga Ward 22, Aitape, Sandaun Province, PNG.

Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait