Diskominfo Mimika Gelar Seminar Statistik Sektoral

Foto bersama dalam kegiatan Seminar Statistik Sektoral yang digelar oleh Kominfo Mimika di Hotel Grand Tembaga, Selasa (2/8/2022).

Timika – Tabaos | Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Mimika menggelar seminar statistik sektoral di Hotel Grand Tembaga, Selasa (2/8/2022).

Kegiatan seminar ini dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Mimika, Paulus Dumais.

Dalam sambutannya, Paulus mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan seminar ini dalah untuk mewujudkan satu data Indonesia serta penyajian data yang valid khususnya statistik lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sektor lainnya.

Menurut Paulus, statistik memiliki peran yang sangat penting di dalam sebuah pembangunan, terlebih di zaman yang serba digital ini.

Data dan informasi statistik, kata Paulus, dapat di gunakan untuk mengetahui trend apa yang akan terjadi di masa mendatang.

“Dengan data-data yang ada dalam statistik sektoral, pemerintah akan lebih muda untuk mengambil suatu kebijakan,” ujarnya.

Paulus menjelaskan bahwa di dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah, selain data-data dari BPS diperlukan juga data-data dari setiap Organisasi Perangkat Daerah di bagian statistik sektoral yang mana dapat dijadikan sebagai dasar perencanaan pembangunan.

“Contohnya seperti di bidang pertanian. Untuk menentukan pola tanam, kita memerlukan data suhu, kelembaban udara dan curah hujan. Sama halnya dengan bidang lain seperti pendidikan, kesehatan, dan sebagainya,” jelasnya.

Paulus berharap kegiatan seminar ini dapat menambah wawasan masing-masing OPD mengenai statistik sektoral sehingga ke depannya pembangunan di Mimika dapat berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat Mimika.

Di samping itu, Ketua Panitia, Orpa Solossa dalam pembacaan laporannya menyebutkan bahwa setiap data statistik telah tercantum di dalam buku statistik sektoral.

“Diharapkan data-data yang ada dapat memberikan gambaran representatif mengenai kemajuan pembangunan di Mimika. Dan juga dapat digunakan sebagai acuan untuk penetapan kebijakan dalam perencanaan pembangunan maupun untuk mengevaluasi hasil pembangunan yang telah dilaksanakan,” pungkasnya.

Pos terkait