Dishub: Penerbangan Timika Tetap Dua Kali Seminggu

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14  I  Pasca penetapan status Kehidupan Normal Baru (New Normal) Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika masih tetap berlakukan jadwal penerbangan seminggu dua kali tiap maskapai. Keputusan tersebut diambil karena mempertimbangkan sarana prasarana bandara Timika.

” Masih bertahap dua kali seminggu. Alasannya kapasitas di Bandar masih terbatas. Tempat duduk tidak diperbolehkan berdekatan. Sehingga bila dibuka seperti normal, nanti penumpang setelah check in masuk, menunggu pesawat tanpa jarak fisik,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Yan Slamat Purba di Grand Mozza, Kamis (2/7).

Muat Lebih

Selain itu kata Yan, Tenaga medis yang ditugaskan di bandara juga menjadi pertimbangan termasuk pemeriksaan dokumen bagi penumpang yang datang dan pergi dari Timika. Pihaknya juga masih menunggu kesiapan maskapai lain serta koordinasi dengan Pemerintah di wilayah lain.

“Tergantung lagi dengan Jayapura. Karena Jayapura ini proteksi betul bandaranya. Jadi kita lagi coba Batik Air yang rute dari Jakarta-Timika langsung Jayapura lagi kita coba. Mudah-mudahan bisa, sehingga dari Timika bisa dua yaitu Garuda dan Batik,” tuturnya.

Ia menambahkan, dalam pesawat juga masih diterapkan physical distance dengan mengisi penumpang sebanyak 70% bagi setiap maskapai, ” Penumpang juga harus menggunakan masker serta sebelum berangkat pastikan semua dokumen lengkap dengan melalui rapid test atau swab,” ujarnya.

Reporter : Yonri
Editor : Tahir