Disdukcapil Kembali Lakukan Terobosan Semakin Dekat Dengan Masyarakat

  • Whatsapp
Memukul tifa secara bersama saat lauching PAK-DUKCAPIL
Memukul tifa secara bersama saat launching PAK-DUKCAPIL

Timika – Tabos14 | Dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika kembali lakukan terobosan yaitu semakin dekat dengan masyarakat. Pelayanan adminduk Disdukcapil Mimika semakin mudah di jangkau oleh masyarakat.

Selain pelayanan adminduk bisa dilakukan di kantor distrik juga bisa dilakukan di kelurahan, salah satunya Diadukcapil Mimika melakukan launching Pos Adminduk Kampung/ Kelurahan  Dukcapil Mimika (PAK-Dukcapil) di kelurahan Kelurahan Dingo Narama jalan Elang, Senin (18/10/2021).

Bacaan Lainnya

Penandatanganan launching PAK-Dukcapil dilakukan oleh Kepala Disdukcapil Mimika, Kepala Distrik Mimika Baru dan Lurah Fingo Narama serta di saksikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Mimika Johannes Rettob).

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob dalam arahannya mengatakan, Inovasi PAK- Dukcapil Mimika untuk mendekatkan pelayanan pemerintahan khususnya pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) kepada masyarakat.

“Kita berharap ini merata ke semua kampung dan kelurahan sehingga masyarakat lebih cepat dan mudah mendapatkan pelayanan Adminduk,”tutur Wabup.

Wabup berharap apa yang dilakukan oleh Disdukcapil untuk melakukan pendekatan pelayanan kepada masyarakat dapat menjadi contoh bagi OPD yang lain untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. Ia menyebut inovasi PAK – Dukcapil Mimika merupakan pertama yang dilakukan  di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

“Ini yang pertama yang dilakukan di Papua dan Papua Barat pelayanan Adminduk hingga ke tingkat Kelurahan. Pemerintah memberikan reward atau penghargaan kepada kelurahan dan Kampung yang mendata warganya secara baik dan benar,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Disdukcapil Mimika, Slamet Sutedjo menjelaskan Inovasi PAK-Dukcapil merupakan bagian dari pendukung visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita terus berupaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, sebagai terjemahan visi misi Bupati Mimika dan Wakil Bupati serta mendukung Mimika sebagai salah satu Kabupaten/ Kota menuju Smart City,”jelasnya.

Dengan adanya gerakan- gerakan perubahan dari Adminduk kedepan tidak ada lagi persoalan- persoalan terkait data base.

Selain itu Kepala Distrik Mimika Baru, Dedi D Paokuma mengungkapkan pelayanan Adminduk hingga tingkat Kelurahan dan Distrik tersebut merupakan salah satu bentuk kelimpahan kewenangan dari Pemkab Mimika kepada Distrik Mimika Baru. Pelimpahan kewenangan tersebut berdasarkan amanat undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang kewenangan Pemerintah Daerah.

Menurutnya segala urusan yang berkaitan dengan pelayanan Adminduk dan pengadaan alat bersumber dari dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) Distrik Mimika Baru.

“Kami akan berusaha untuk lakukan bimtek sehingga bisa memaksimalkan SDM yang ada, termasuk penambahan prasarana pendukung pelayanan Adminduk sehingga masyarakat tidak harus jauh- jauh lagi untuk mengurus Adminduk,”ujarnya.

Penulis: Enol
Editor: Boy
  • Whatsapp

Pos terkait