Disdik Tegaskan Sekali Lagi Tidak Ada Pungutan Di Sekolah

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14  |  Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika kembali menegaskan melarang keras sekolah negeri dari tingkat SD hingga SMP memungut biaya dalam bentuk apapun bagi para calon siswanya.

“ Kalo mau disuruh bayar uang bangku, uang meja, dan uang seragam, itu tidak benar ini kita sedang berada ditengah pandemi corona jadi tidak masuk akal mau bayar uang ini,” kata Kepala Dinas Pendidikan Jenni O Usmani ketika ditemui Kamis (2/7) kemarin.

Muat Lebih

Menurut Jenny, ditengah pandemi seperti ini semua harus saling memperhatikan satu sama lain. Apalagi sebagai seorang PNS tidak memanfaatkan situasi susah seperti ini untuk memungut biaya apapun di sekolah.

“ Kita semua harus bisa brkerja untuk saling memperhatikan orang lain, apalagi pegawai negeri kan punya gaji. Dan ketika ada masyarakat yang merasa di rugikan jangan tulis status di media sosial lain nya, tapi laporkan ke kantor saya dan bapak bupati akan menindak lanjuti secepatnya,” ujarnya.

Jenny mengatakan, pendaftaran peserta didik baru sendiri dimulai dari tanggal 29 Juni dan berakhir tanggal 11 Juli 2020. Pendaftaran murid baru walaupun mereka tidak belajar di kelas, tetapi murid baru harus tetap terdaftar dan di terima di satu sekolah.

“Karena ini sudah perintah dari Kementerian Pendidikan ke seluruh Dinas pendidikan di seluruh nusantara,” katanya.

Jenny menambahkan, untuk kriteria penerimaan sendiri terdiri dari sistem sonasi 50 persen, sistem afirmasi 20 persen, prestasi 20 persen dan 10 persen pekerjaan orang tua. Kriteria tersebut mengacu kepada peraturan kemendikbud, batas umur mengacu pada usia 6 Tahun.

“ Paud dan TK saya larang untuk belajar tulis dan membaca, karena perkembangan motorik anak akan terganggu karena dipaksakan, otak kiri dan kanan untuk untuk berpikir , efeknya akan terasa jika mereka dewasa nanti,” katanya

Reporter : Ifona Akoha
Editor : Tahir