Dinkes Mimika Pastikan Belum Ditemukan Faskes Gunakan Rapid Tes Bekas

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Dinas kesehatan (Dinkes) Mimika memastikan tidak adanya penggunaan alat rapid tes antigen bekas pakai seperti yang terjadi di daerah lain. Hal tersebut hingga saat ini belum di temukan oleh Dinkes Mimika kasus tersebut.

“Kasus seperti itu tidak ditemukan, untuk alat antigen bekas sepertinya tidak ada karena semua fasilitas adalah milik pemerintah dan TNI Polri,” kata Kepala Dinkes Mimika Reynold Ubra saat ditemui di Mapurujaya Mimika Timur, Selasa (4/5/2021)

Bacaan Lainnya

Menurut Reynold jika ada fasilitas swasta yang melakukan maka pihak tersbut yang harus bertanggung jawab. Pasalnya pihak swasta tidak diatur dalam serta tidak ditetapkan dalam surat keputusan Bupati.

Menururtnya untuk tes antigen, ada beberapa rumah sakit yang sudah direkomendasikan didalam aturan yakni RSUD Mimika, RSMM, RS. Kasih Herlina, dan Sumah Sakit Tembagapura. Sementara Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yakni Puskesmas, Klinik Milik TNI maupun Polri. “Diluar dari itu, dia bertanggungjawab untuk kasus itu sendiri,” jelasnya.

Reynold mengungkapkan faskes yang diluar aturan Bupati untuk melakukan tes anti gen kemudian melayani tes antigen itu sebenarnya melanggar. “Karena, ini masa pandemi Covid, kita tidak berorientasi pada uang, kita berorientasi pada putus mata rantai Covid 19,” ungkapnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait