Dinkes Mimika Pastikan Belum Ada Kejadian Ikutan Pasca Vaksinasi

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika memastikan, belum ada kejadian maupun keluhan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) pasca vaksinasi perdana dilaksanakan.

“Sampai tadi pagi (kemarin) kami evaluasi belum ada laporan terkait KIPI,” Kata Kepala Dinas Kesehatan Reynold Ubra yang juga salah satu pejabat yang mengikuti Vaksinasi, saat ditemui di hotel Grand Mozza, Senin (25/1).

Bacaan Lainnya

Pasca di imunisasi Reynold sendiri mengaku bahwa saat ini kondisi badannya dalam keadaan segar. Menurutnya setelah dikakukan vaksinasi yang dirasakan hanya mengantuk. “Yang terpenting saat ini saya secara ketat tetap menjaga protokol kesehatan dan kondisi kesehatan agar bisa di vaksin untuk yang kedua,” ungkapnya.

Terkait jumlah tenaga kesehatan yang sudah di vaksin Reynold memaparkan hingga pukul 12.00 WIT dari laporan yang diterima sudah sebanyak 210 orang. Sedangkan yang belum menerima vaksin masih harus dikroscek kembali karena pihak Dinas Kesehatan baru menerima data dari sistem informasi SDMK Kemenkes 1124 orang.

“Untuk yang ditunda nanti akan sampaikan menyusul karena ada kriteria mengapa harus di tunda seperti hipertensi, penyakit lain atau mungkin dia sedang tidak berada ditempat. Begitu juga untuk yang harus di batalkan nanti kita sampaikan,” jelasnya.

Ditegaskan kembali untuk orang-orang yang tidak boleh menerima vaksin ada kriteria yaitu penyintas Covid 19 (pernah terpapar Covid 19, Ibu hamil dan menyusui dan memiliki komorbit antara lain atriktis, rematoit faktor, batuk pilek (ditunda), riwayat HIV, TBC dan Diabetes.

“Yang jelas kami berpatokan pada petunjuk teknis (Juknis) dari Kementrian kesehatan (Kemenkes),” tegas Reynold.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp