Dinas Perikanan Beri Bantuan Bibit Ikan Buat Penghuni Lapas

  • Whatsapp
Kepala Dinas Perikanan Mimika Leentje AA Siwabessy

Timika – Tabaos14 | Dinas perikanan Kabupaten Mimika baru-baru ini memberikan bantuan kepada warga binaan yang ada di Lembaga permasyarakatan (Lapas) sebanyak 2000 ekor bibit ikan nila.

Hal tersebut agar warga binaan bisa berkarya dan berwirausaha dengan budi daya ikan air tawar.

Bacaan Lainnya

“Nantinya bantuan ini akan dikelola oleh warga binaan Lapas Timika. Supaya warga binaan mereka ada kegiatan supaya tidak jenuh,”kata Kepala Dinas Perikanan Mimika Leentje AA Siwabessy di kantor pusat pemerintahan Mimika, Jumat (30/7/2021).

Menurut Leentje, pemberian bantuan ini bukan yang pertama kali tetapi pihaknya sering memberikan bantuan sejak lama baik benih maupun pakan.

“Jadi kemarin mereka sudah menyurat dan melakukan MouUantara pemda dalam hal ini dinas perikanan antara lembaga permasyarakatan,” tuturnya.

Leentje mengungkapkan bahwa budi daya ikan tersebut sangat menguntungkan ekonomi para penghuni Lapas. Selain itu juga setelah mereka keluar mereka bisa membuka usaha sendiri pembudidaya sendiri ikan Kalau mereka tidak punya lahan mereka bisa dengan cara biflog terpal.

“Hasilnya sendiri untuk mereka baik itu konsumsi atau jual untuk menambah perekonomian mereka. Pengaturan selanjutnya oleh mereka karena kami hanya berikan bantuan bibit dan pakan,” ungkapnya.

Leentje menambahkan, untuk tempat Lapas memiliki  halaman luas lebih baik bikin budidaya ikan air tawar. Kalau tidak menggunakan kolam galian bisa menggunakan dengan terpal.

“Harapan kami mereka tidak jenuh tetapi mereka memiliki aktivitas dan belajar sedikit banyaknya menggunakan halaman,” ujarnya.

Pos terkait