Dianggap Sebagai Titik Penyebaran Tim Medis Fokus Rapid Test di Pasar Sentral

  • Whatsapp
Situasi Petugas Repid Test di Simpang Jalan Hasanudin - Budi Utomo, Sabtu (23/05) (Foto : Yondri)

TIMIKA – Tabaos14 | Pasar Sentral Timika akan menjadi konsentrasi kerja dalam menjaring rapid test guna pengendalian covid 19 oleh Tim Medis Covid 19. Pasalnya sejak diberlakukan PSSD tiga hari lalu, namun pergerakan warga terlebih khusus di Pasar Sentral Timika belum dapat direduksi.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Reynold Urba, M.Epid mengatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan di Pasar Sentral dan hasilnya dari 158 orang penghuni pasar yang diperiksa ada 5 orang yang dinyatakan positiv covid 19.

Bacaan Lainnya

“Kemarin kami sudah melakukan pemeriksaan itu (rapid). Kemarin mencapai 158, dari 158 itu ada 5 yang positif dan itu kami akan kembali ke pasar,” kata Rey, Sabtu (23/05).

Reynold mengatakan, dari penemuan tersebut pihaknya berencana akan kembali melakukan rapid test usai perayaan Hari Raya Idul Fitri.

“Kami akan kembali ke pasar setelah Lebaran nanti untuk melihat pengunjung. Kalau kemarin kami sudah menangkap itu para pedagang, sekarang kami juga akan melihat para pengunjung dan juga pedagang yang belum deperiksa,” terang Rey.

Rey menghimbau, kepada masyarakat agar tidak takut melakukan rapid test karena rapid test bertujuan untuk mendeteksi secara dini untuk menekan penyebaran covid-19, terutama di tempat kerumunan warga seperti Pasar Sentral.

“Bahwa pemeriksaan tujuannya hanya satu kok, yaitu untuk menyatakan Pasar Sentral sebagai pusat jasa dan ekonomi Kota Timika itu benar-benar steril dari covid-19. Kalaupun ada, itu bisa kita kendalikan,” tegas Rey.  (Yonri/Tahir)

Pos terkait