Dewan Minta Lurah Di Kota Timika Maksimalkan Penanganan Sampah

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Merasa prihatin dengan penanganan sampah yang kurang ditata dengan baik di kota Timika, Ketua DPRD Mimika Robby Omaleng meminta agar seluruh kepala kelurahan setempat memaksimalkan penanaganan tersebut. Hal itu penting agar warga tidak sembarangan membuang sampah mereka.

Menurut Roby, Pemkab Mimika melalui Dinas Lingkungan Hidup telah membantu armada khusus pengangkut sampah di setiap Kelurahan. Hal itu dilakukan agar setiap Kelurahan dapat memaksimalkan penanganan sampah di masing-masing kelurahan.

Muat Lebih

“Persoalan sampah adalah pesoalan serius di mana kita tau Pemkab melalui DLH Mimika telah membantu armada khusus pengangkut sampah di setiap Kelurahan, maka diharapkan harus memaksimalkan penanganan sampah di masing-masing kelurahan. Apalagi saya pernah lewat jalan baru Sampah yang berserakan di lorong masuk gedung MPCC YPMAK di jalan Baru,” kata Roby yang ditemui Sabtu (25/7).

Ia mengatakan, sampai saat ini kesadaran warga serta kurangnya maksimalnya penanganan oleh lurah setempat. Membuat masih banyak ditemukan sampah yang dibuang sembarang hingga berserakan di lorong lorong maupun jalan protokol di Timika.

“Kalau memang fasilitas sudah dibagikan, maka harus dimanfaatkan dengan baik untuk mengangkut sampah di masing-masing wilayah. Pemkab melalui DLH sudah melimpahkan tugas itu berarti harus dijalankan,” ungkap Roby omaleng

DLH juga telah menugaskan agar di setiap lurah harus memiliki satu TPS khusus agar sampah jangan lagi ditempatkan secara sembarangan. Dengan begitu, petugas pengangkut sampah langsung mengangkut sampah dari TPSN yang ada untuk kemudian dibuang ke TPA Iwaka.

“Kalau memang Lurahnya sudah pindah, maka harus diserahkan ke Lurah baru yang kemarin telah dirolling,” katanya.

Reporter : Ifona Akoha
Editor : Tahir

  • Whatsapp