Dewan Ingatkan OPD Lelang Program Cepat dan Terbuka

Anggota DPRD Mimika, Den Ben Hagabal

 

TIMIKA – Tabaos14   I   DPRD Mimika mengingatkan pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, agar segera melaksanakan lelang program kegiatan tahun 2020 agar tidak mengalami keterlambatan pelaksanaan pembangunan dan dilakukan secara terbuka.

“Lelang kegiatan itu secepatnya. Jangan lama-lama lagi dan buang-buang waktu. Lebih bagus, kalau masuk bulan Maret atau April, lelang sudah selesai dan pekerjaan mulai di bulan Mei. Kita harus mendorong pelaksanaan PON dan pekerjaan tahun 2019 itu tetap bersambung,” kata Anggota DPRD Mimika, Den Hagabal di Kantor DPRD, Senin (24/2).

Ia menjelaskan, proses pelelangan juga harus dilakukan secara terbuka dan disesuaikan dengan instruksi Bupati. Bupati menginginkan agar pekerjaan dengan besaran anggaran Rp 500 juta ke bawah, harus diberikan kepada OAP melalui penunjukan langsung sebagai turunan dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 17 Tahun 2019 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah untuk Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat

Sebab, jelasnya lagi, sudah sejak lama pengusaha OAP selalu mengeluh lantaran tidak diberikan pekerjaan. Sedangkan, mereka selalu membayar kewajiban untuk menghidupkan CV serta mengurus perpanjangan profil.

Anggaran dengan penunjukan langsung itu menurut dia, bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat yang merupakan OAP. Jangan lantaran kepentingan pribadi, maka korbankan OAP.

“Sudah lama, banyak sekali pengusaha OAP di Mimika yang mengeluh soal pemberian pekerjaan. Itu juga sudah diinstruksikan oleh Bupati supaya anggaran Rp500 juta itu, diprioritaskan kepada OAP. Tolong itu diingat dan dijalankan semua OPD. Bupati juga kasihan lihat orang-orangnya bolak- balik urus soal proyek, tapi tidak pernah dikasih,” katanya. (Mrc).

Pos terkait