Dewan Hadiri Pembagian Sembako Dana Desa COVID-19 di Kampung Timuka

  • Whatsapp
Wakil Ketua II DPRD Mimika, Yohanis Felix Helyanan, Kepala Distrik Mimika Tengah, Moses Yarangga dan anggota Komisi A DPRD Mimika, Thobias Maturbongs Saat Berada di Balai Kampung Timuka, Distrik Mimika Tengah, Sabtu 20/06). Foto : Ifona Akoha

TIMUKA -Tabaos14  | Dua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika, masing masing Wakil Ketua II, Yohanis Felix Helyanan (Jhon Thie) dan anggota Komisi A, Thobias Maturbongs menghadiri dan menyaksikan secara langsung penyerahan Bantuan Sembako dari Dana Desa dampak dari Pandemi Covid-19 senilai Rp. 100.000.000 ( Seratus Juta Rupiah) di Kampung Timuka (Timika Pantai), Distrik Mimika Tengah, Kabupaten Mimika, Sabtu (20/6).

Wakil Ketua II DPRD Mimika, Yohanis Felix Helyanan, Kepala Distrik Mimika Tengah, Moses Yarangga dan anggota Komisi A DPRD Mimika, Thobias Maturbongs secara simbolis di menyerahkan Sembako kepada Kepala Kampung Timuka, Yulianus Amatimukata dan tiga warga kampung, di Balai Kampung Timuka, Distrik Mimika Tengah.

Muat Lebih

Wakil Ketua II DPRD Mimika, Yohanis Felix Helyanan (Jaket Merah), Secara Simbolis Menyerahkan Kepada Kepala Kampung Timuka, Yulianus Amatimukata. (Foto : Ifona Akoha)

Dalam sambutannya, Wakil Ketua II, Yohanis Felix Helyanan dihadapan warga Kampung Timuka, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kepala Distrik Mimika Tengah yang sudah membantu warga dengan memberikan bantuan sembako senilai Rp 100.000 dari Dana Desa.

“Kami hadir disini hanya menyaksikan penyerahan bantuan Sembako, dan kebetulan kami hari ini melakukan kegiatan Kunjungan Kerja. Bantuan ini semoga bisa bermanfaat bagi warga dalam menghadapi Pademi COVID-19. Luar biasa hari ini, kita bisa bertemu dan bertatap muka langsung dengan Kadistrik , Kepala kampung dan semua warga Timuka,”ucap Wakil ketua II DPRD Mimika Jhon Thie.

Dijelaskan, Jhon Thie bahwa adanya beberapa usulan dari Kadistrik dan warga terkait penguat signal untuk mempermudah akses internet, akan diteruskan nantinya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Adanya usulan dari Kadistrik tadi untuk menambah Base Transceiver Station (BTS) untuk penguat siganl jaringan Internet agar mempermudah pencetakan KTP, KK maupun Akte Kelahiran di Distrik Mimika Tengah akan jadi atensi. Usulan ini coba nanti kami sampaikan ke Pemerintah untuk bisa diusulkan,”kata Jhon Thie.

Kepala Distrik Mimika Tengah, Moses Yarangga menyampaikan terima kasih atas kunjungan pimpinan dan anggota DPRD Mimika untuk melihat dan menyaksikan penyerahan secara simbolis bantuan sembako akibat dampak dari COVID-19 di Kampung Timuka.

“Kami sangat apresiasi kehadiran DPRD di kampung Timuka karena bisa menyaksikan penyerahan bantuan sembako kepada 321 KK dari Dana Desa. Bantuan Sembako ini adalah bentuk kepedulian Pemerintah terhadap bencana COVID-19, dimana setiap Kampung dialokasikan anggaran sebesar Rp 100 juta. Di Distrik Mimika Tengah ini ada 5 Kampung, dan semua dapat masing masing Kampung Rp 100 juta,”aku Moses Yarangga.

Menurut Kadistrik Moses Yarangga, bantuan sembako setiap kampung Rp 100.000 ini untuk menjawab kebutuhan warga selama adanya pembatasan aktifitas akibat dampak COVID-19. Selain bantuan sembako senilai Rp 100 juta ini, Pemerintah juga telah menyalurkan beberapa bantuan seperti PKH, BST dan Jaminan Pengaman Sosial baik dari Pemerintah Pusat maupun Kabupaten.

“Dan hari ini, kami serahkan bantuan Sembako ini kepada warga di Kampung Timuka,”katanya.

Ditambahkan Kadistrik, ada beberapa usulan yang kami minta agar DPRD Kabupaten Mimika dapat memperjuangkan aspirasi ini kepada Pemerintah untuk dialokasikan  APBD tahun berikut seperti jembatan penghubung dari Kampung Lama ke Kampung Baru.

Thobias Maturbongs Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Mimika (Kaos Biru) Saat Menyerahkan Sembako Secara Simbolis Kepada Kepala Kampung Timuka, (Sabtu,20/06). (Foto : Ifona Akoha).

Anggota DPRD Mimika dari Komisi A, Thobias Maturbongs mengakui bahwa nama kota Timika adalah berasal dari Timuka sebagai Kampung Lama, dan Timuka ini adalah Sejarah Perjalalanan Nama Kota Timika.

“Nama Kota Timika itu adalah awal dari nama Timuka, yang sebenarnya nama dari Kampung Timuka atau Timika Pantai ini. Namun karena seiring dengan kemajuan waktu semakin dilupakan. Saya sayang Kampung ini dan masyarakatnya, sehingga Pemerintah harus memperhatikan masyarakat yang ada di Kampung ini,”pinta Thobias.

Dari pantauan, kehadiran dua anggota DPRD Mimika Yohanis Felix Helyanan dan Thobias Maturbongs bersama rombongan disambut hangat dan antusias warga Kampung Timuka, warga juga beberapa kali menghampiri dua Tokoh dari pesisir ini dengan menyampaikan terima kasih telah berkunjung ke kampung mereka.

Bantuan sembako bagi warga Kampung Timuka dari Dana Desa kepada warga, masing masing berupa, beras, Mie Instan, Telur, Kopi, Gula, Minyak Kelapa dan kebutuhan lainnya. ( Ifona Akoha)