Dewan Apresiasi Langkah Keputusan Pemkab Terkait Anggaran PB PON XX

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Anggota legislative Mimika Leonardus Kocu mengatakan, penyelenggaraan PON dan Pesparawi di Papua tidak alam lagi berlangsung. Segala persiapan telah dilakukan oleh Pemkab Mimika bahkan pembangunan venue hampir rampung.

“Bahwa tempat penyelenggaraan PON 20 dan Pesparawi sudah mau rampung saya memberikan apresiasi kepada pemerintah yang sudah mempersiapkan sarana event untuk kegiatan ini dengan sebaik mungkin,” kata Leonardus, Senin (7/6).

Bacaan Lainnya

Namun sayangnya, persiapan yang dilakukan oleh Pemkab Mimika menyambut event penyelenggaraan PON Mimika tidak sesuai harapan. Pasalnya PB PON Papua menolak anggaran yang diajukan oleh ketua Umum PB PON klaster Mimika.

Seharusnya kata Leonardus, Pemerintah pusat dan Provinsi dapat melihat infrakstruktur yang sementara dibangun di kabupaten mimika ini menggunakan APBD daerah. Pemerintah pusat juga harus tau bahwa agenda nasional jangan dibebankan dengan APBD daerah,

“Karna kalau semua kegiatan PON 20 menggunakan dana daerah pasti kebutuhan kabupaten untuk mensejahterakan masyarakat terbengkalai,” terangnya.

Diketahui Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE., M.H menyatakan dalam Rapat Evaluasi Sub PB PON XX Papua Klaster Mimika bahwa Sub PB PON XX Papua menyatakan ‘Berhenti’ dalam melakukan layanan PON XX Papua dan segala aktivitasnya, baik untuk tidak melayani PB PON XX Papua maupun yang dari pusat hingga adanya kepastian terkait penganggarannya.

“Ini rapat kita yang terakhir dan tidak ada lagi aktivitas layanan untuk PON XX Papua jadi kalau ada PB PON XX Papua ataupun pusat terkait PON kita tidak akan layani hingga adanya kepastian mengenai dana bagi penyelenggaraannya sesuai kebutuhan,” kata Bupati Eltinus Omaleng dalam rapat evaluasi bersama para Koordinator Bidang Sub PB PON XX Klaster Mimika di Aula Pertemuan Kantor Sekretariat Sub PB PON Mimika.

Pertama, terkait kesiapan Mimika sejauh ini sudah ok tetapi mulai hari ini (Rapat Evaluasi) ini adalah rapat terakhir sampai dengan adanya titik terang terbaik sumber dana untuk penyelenggaraan PON XV. Artinya hingga sudah ada informasi diberikannya berapa hak yang diperoleh atau diberikan kepada Mimika.

Apakah sesuai dengan Kebutuhan Mimika, sehingga semua aktivitas akan dihentikan walaupun akan datang tim PON XX (PB PON maupun semua pihak terkait PON) datang, Mimika tidak boleh melayani.

Kedua, upaya pengerjaan Venue PON di Mimika seperti yang terjadi dan dilakukan pada Venue Aero Modeling dan Terbang Layang tetap dilaksanakan karena sudah dianggarkan, itu bukan anggaran PON tapi anggaran Otsus melalui APBD Kabupaten Mimika.

Anggaplah itu, tekan Eltinus Omaleng, sekarang ini semua OPD bekerja seperti biasa dan bukan untuk PON karena selama ini juga upaya pembangunan yang dilakukan Kabupaten Mimika, tidak pernah ada kucuran dana PON sebesar Dua Triliun yang dimiliki PB PON XX Papua itu ke Kabupaten Mimika.
Bappeda juga yang seharusnyan fokus pada perubahan anggaran yang harusnya sudah dilaksanakan di bulan Mei 2021 tetapi karena kesibukan PON ini makanya masih belum dilaksanakan.

Reporter : Ivona
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait