Demo Ke Gedung DPRD Mahasiswa Desak Kadis Pendidikan Mimika Di Copot

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Puluhan mahasiswa gabungan dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Timika dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Timika melakukan aksi demo damai di Kantor DPRD Mimika Senin (7/4).

Para mahasiswa tersebut membawa spanduk yang bertuliskan sahabat akal sehat Mimika. Dalam spanduk tersebut juga terdapat tulisan menolak proyek siluman gedung baru Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika.

Bacaan Lainnya

Dalam menyampaikan orasinya para mahasiswi meminta kepada DPRD Kabupaten Mimika agar tetap konsisten menyuarahkan aspirasi masyarakat dalam mengawal setiap kebijakan daerah. “DPRD adalah repsentasi dari suara masyarakat,” kata Arden Koridnator aksi demo damai tersebut di dalam orasinya.

Arden juga meminta kepada DPRD agar menghadirkan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika untuk mempertanggung jawabkan rencana pembangunan gedung baru Kantor Dinas Pendidikan. Usai melakukan orasi secara bergiliran selanjutnya para mahasiswa tersebut membacakan dan menyerahkan aspirasi yang menjadi tuntutan para mahasiswa tersebut.

Aksi demo tersebut ada empat poin yang menjadi tuntutan para mahasiswa yakni mendesak kepada DPRD Kabupaten Mimika untuk mengidentifikasi siapa yang meloloskan proyek siluman pembangunan gedung baru Dinas Pendidikan.

Kedua mendesak kepada DPRD Kabupaten Mimika untuk membatalkan proyek siluman pembangunan gedung baru Dinas Pendidikan yang terkesan pemborosan anggaran APBD Mimika di masa pendemi Covid-19. Ketiga mendesak kepada anggota DPRD Kabupaten Mimika untuk memanggil Kepala Dinas Pendidikan Jenny O Usmani agar dapat mempertanggung jawabkan gedung baru Dinas Pendidikan. Keempat meminta kepada DPRD Kabupaten Mimika untuk mendesak Bupati dan wakil bupati mencopot Jenny O Usmani dari jabatan kepala Dinas Pendidikan.

Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Mimika Alex Tsenawatme saat menerima aspirasi para mahasiswa mengatakan
bahwa DPRD Mimika siap menerima semua aspirasi yang disampaikan oleh para mahasiswa. DPRD Mimika nantinya akan melakukan koordinasi dengan dinas terkait dan akan memanggil dinas terkait dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait apa yang menjadi tuntutan para mahasiswa.

“Kita akan panggil dulu, dan kita akan lakukan rapat dengar pendapat dan disitulah kita bisa tau salahnya dimana.
Apakah DPRD setuju dengan ini ataukah inisiatif OPD terkait dari situ kita akan lihat,” Kata Alex.

Aksi demo ini berjalan dengan aman dan damai dan mendapatkan pengawalan dari pihak Kepolisian Polres Mimika.

Reporter : Nay
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait