Delapan Perusahaan Di Timika Terima Penghargaan Dari BPJS Ketenaga Kerjaan

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Delapan perusahaan di Kabupaten Mimika menerima penghargaan dari Pemkab Mimika dan BPJS Ketenagakerjaan selaku pemberi jaminan ketenaga kerjaan. Perusahaan tersebut telah mengalokasikan untuk jaminan ketenaga kerjaan kepada pekerja yang merupakan Orang Asli Papua (OAP) melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR).

Adapun perusahaan yang mendapatkan penghargaan yakni PT Nemangkawi Jaya memberikan bantuan CSRnya kepada 1000 orang pekerja. PT Jasa Prima Papua sebanyak 1000 orang pekerja, PT Jasti Pravita sebanyak 500 pekerja. PT Putra Otomona Jaya sebanyak 300 orang PT Pontil sebanyak 300 orang. PT Pengembangan Jaya Papua sebanyak 50 orang, PT Eksplorasi Nusa Jaya sebanyak 100 orang, PT Kuala Pelabuhan Indonesia sebanyak 3000 orang.

Bacaan Lainnya

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Johannes Rettob usai mengikuti sosialisasi yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Mimika bersama BPJS tentang Peraturan Daerah Nomor 4 tahun 2019 tentang pedoman penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja penerima upah, pekerjaan bukan penerima upah dan pekerja jasa konstruksi di Pendopo, Rumah Negara, Rabu (17/2).

Wabup Rettob menyampaikan terima kasih kepada perusahaan yang sudah melaksanakan program jaminan ketenaga kerjaan dengan baik. Selain itu ternyata ada juga perusahaan yang peduli dengan mengalokasikan dana CSR untuk tenaga kerja OAP.

“Semua tetap semangat untuk bisa memberikan CSRnya untuk jaminan ketenaga kerjaan. Kita berharap yang belum bisa mengalokasikan dan yang sudah bisa ditingkatkan yang tadinya misalkan 100 orang bisa bertambah begitu juga yang lainnya,” tutur Wabup.

Menurut Wabup dengan mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan apapun pekerjaan yang dilakukan akan mendapatkan perlindungan jaminan sosial tenaga kerja dari risiko sosial yang mungkin terjadi, contohnya pandemi yang sedang terjadi.

“Terjadinya pandemi ini seharusnya meningkatkan kesadaran masyarakat pentingya jaminan sosial, karena bisa menjadi salah satu bentuk mitigasi dalam menghadapi krisis ekonomi yang ditimbulkan,” kata Wabup.

Selain melakukan penyerahan penghargaan juga dilakukan penyerahan Santunan Jaminan Kematian dan Jaminan Kecelakaan kerja kepada, almarhum Yohakim Manikiyuta yang adalah Aparatur Kampung Tiwaka kepada ahli waris yaitu istrinya sebesar Rp 42.000.000, almarhum Rikardus Kaumapokeyau yang adalah Peserta Bukan Penerima Upah kepada ahli warisnya yaitu Ayah Kandung sebesar Rp42.000.000.

Kemudian Almarhum Luther Wakerkwa, anggota DPRD kepada ahli waris yaitu adik kandungnya sebesar Rp 42.000.000. dan juga santunan Cacat kepada Aloysius Babak Sakar sebesar Rp 43.379.532.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait