Danrem 174/ATW Merauke Lepas Sambut Pasukan Pamwil Obvitnas PTFI

Danrem 174/ATW Merauke menyerahkan cinderamata kepada Satgas Mupe Yonmar 3 dalam usai upacara pisah sambut Pasukan Pamwil Obvitnas PTFI di Makodim 1710/Mimika, Kamis (2/6/2022).

Timika – Tabaos14 | Komandan Resor Militer (Danrem) 174/ATW Merauke Brigjen TNI Reza Pahlevi melepas pasukan Satgas Yonif 315/Garuda dan Satgas Mupe Yonmar 3 yang masa tugasnya berakhir dan menyambut penggantinya dari Satgas Yonif 405/Surya Kusuma sebagai pasukan Pamwil Obvitnas PT Freeport Indonesia (PTFI).

Lepas sambut pasukan Pamwil Obvitnas PTFI tersebut dilaksanakan dalam upacara pelepasan dan penyerahan penghargaan dan cinderamata dari masing-masing kesatuan di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 1710/Mimika, Kamis (2/6/2022).

Selaku Komando Pelaksana Operasi, Danrem 174/ATW Merauke dalam arahannya saat memimpin upacara penerimaan dan pelepasan Satgas Pamwil Obvitnas PTFI dari memberikan apresiasi dan penghargaan atas segala darma bakti selama penugasan di wilayah Papua.

“Ini sepatutnya disampaikan karena berdasarkan pengamatan dan laporan yang saya diterima cukup berhasil dalam pelaksanaan tugas di daerah operasi,”tuturnya.

Danrem mengungkapkan, sebagai satuan tugas pengamanan obvitnas dan daerah rawan yang berada di wilayah Papua ini membuktikan bahwa para prajurit telah berhasil membangun interaksi yang baik dengan masyarakat melalui implementasi dan nilai-nilai sapta marga ,sumpah prajurit dan 8 wajib TNI.

“Semua itu dilakukan untuk merebut simpati dan hati rakyat dalam mewujudkan stabilitas keamanan di wilayah Papua. Tentu kita sadari bahwa beban tugas, keterbatasan sarana prasarana serta beratnya kondisi di wilayah operasi merupakan kendala yang harus diatasi, bukan sebagai hambatan dalam pencapaian tugas pokok. Dengan keberhasilan dalam penugasan ini menjadi tugas kebanggaan prajurit dan menjadi pengalaman yang berharga dalam perjalanan hidup prajurit,”ungkap Reza.

Dalam kesempatan tersebut,dirinya juga memberikan apresiasi kepada Satgas Yonif 405/Surya Kusuma yang telah dipercayakan negara untuk melaksanakan tugas sebagai Satgas Pamwil Obvitnas PT Freeport,dalam rangka menjaga stabilitas keamanan yang ada di wilayah papua,

“Kedatangan kalian ini untuk membantu Kodam 17 Cenderawasih dalam melaksanakan tugas operasi yang digelar di wilayah Papua. Kalian sudah pasti mengetahui bahkan telah dilakukan saat latihan pra tugas. Oleh karena itu saya berharap dengan kehadiran kalian akan mampu membawa keamanan dan kedamaian dalam membangun masyarakat Papua khususnya di wilayah Korem 174/ATW,”tuturnya Reza.

“Selama pelaksanaan tugas saya perintahkan untuk selalu berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait. Selain itu saya ingatkan juga kepada prajurit yang akan meninggalkan daerah ini untuk tidak membawa hewan dan tumbuhan yang dilindungi. Saya juga sampaikan salam hormat bagi keluarga yang sudah menunggu di rumah,”imbuhnya.

Disela-sela kegiatan upacara penerimaan dan pelepasan Satgas Pamwil Obvitnas PT Freeport Indonesia dari satgas Yonif 315/Garuda kepada Satgas Yonif 405/Surya Kusuma dan pelepasan Satgas Mupe Yonmar 3, juga dilakukan penandatanganan serahterima tugas dan tanggungjawab dan pemberian piagam penghargaan prajurit serta penyerahan plakat.

Pos terkait