Dana Desa Itu Sejauh Ini Belum Dikucurkan… Boss..!!

Kepala Kelurahan Inauga Distrik Mimika Baru, Yane Kristian Buinei. (Foto/video: Maria M. Fautngilyanan)

TIMIKA – Tabaos14   I    Dana Desa atau dana kelurahan untuk kelurahan yang masih rencana dikucurkan tapi sudah digembar-gemborkan dan terkesan diketahui banyak warga sudah terlaksana, ternyata sampai sejauh ini belum ada realisasinya, entah kenapa, meski diakui kalau dana tersebut memang belum ada.

Hal ini diketahui saat bincang-bincang dilakukan media siber Tabaos14.com dengan Kepala Kelurahan Inauga di Distrik Mimika Baru Kabupaten Mimika, Yane Kristian Buinei, Selasa (10/03) di ruangan kerjanya, Kantor Kelurahan Inauga di Kampung Sempan – Timika.

“Tentang dana desa itu, yang alokasinya juga kita belum tahu berapaa. Sampai saat ini memang belum ada. Itu masih terhambat di Keuangan karena sepertinya juga memang belum ada di Kas Daerah, ” kata Buinei.

Ada sejumlah program yang sebenarnya sudah dirancang dan pelaksanaannya, jelas Lurah Buinei, itu direncanakan akan menggunakan dana kelurahan itu.diantaranya program sosialisasi kesehatan masyarakat, sosialisasi kader-kader posyandu, sosialisasi lembaga lembaga adat di kelirahan, sosialisasi kemanan lingkungan, dan sosialiasi kebersihan lingkungan.

“Itu yang sudah ada dalam rencana anggaran kelurahan yang sudah diserahkan dan ada dalam DPA Kelurahan Inauga. Bahkan yang terutama adalah kita fokus ke kebersihan lingkungan di RT dan Kelurahan untuk mempersiapkan diri menghadapi Pesparawi dan PON XX ini,” jelas Lurah Buinei.

Karenanya, selaku Lurah, Buiney mengharapkan agar sekretariat daerah melalui Kabag Keuangan maupun Tim Anggaran dapat membantu mengupayakannya sesegera mungkin. Sehingga semua yang menjadi harapan dan memang merupakan kebutuhan di lingkungan Kelurahan Inauga, juga dapat bersama-sama teratasi melalui program-program prioritas yang sudah ditetapkan itu.

Seperti saat ini di Kelurahan Inauga yang dipimpinnya, kebetulan ada para mahasiswa KKN. Sehingga kalau dana kelurahan itu sudah ada, Buinei berpikir, mahasiswa bisa menjadi potensi penggerak dalam kebersihan kampung atau kelurahan ini.

Dana Belum Ada di Kasda

Namun, lanjut Buinei juga, pihaknya juga belum bisa berbuat banyak mengingat aloaksi program prioritas itu semua, memang belum dapat dilaksanakan sesegera karena memang belum ada dana yang dibutuhkan.

 

“Kita sudah berupaya untuk membuat pengakuan kepada Bagian Keuangan, hanya karena memang dana kelurahan itu sendiri memang belum ada di Kas Daerah. Jadi kita hanya bisa berharap agar dana itu bisa segera dikucurkan pemerintah pusat atau dari APBD,” tuturnya memberi pemahaman.

Akibat kondisi itu, Lurah Buinei juga menyampaikan, kalau beberapa hal mengenai kebersihan lingkungan yang masih harus dirapihkan seperti disampaikan RT-RT di lingkungan Kelurahan Inauga. Terpaksa harus dilakukan dengan berbagai cara swadaya apa saja, yang dapat dilakukan bersama warga.

” Kita berharap dalam waktu yang tidak terlalu lama dapat segera dikucurkan dana Kelurahan yang dimaksud agar semuanya bisa segera dilaksanakan sesuai yang direncanakan bersama,” harap Lurah Buinei. (Mra)

 

 

Pos terkait